Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Vitalnya Peran Masyarakat dalam Sistem Penanggulangan Bencana




 

Jakarta, eBahana.com – Dengan kondisi Indonesia yang berada dalam jajaran The Ring of Fire maka soal kerawanan bencana alam tak bisa dihindari lagi. Departemen Pelayanan Masyarakat (Pelmas) Badan Pekerja Pusat (BPP) Gereja Bethel Indonesia menggelar webinar dengan tema Manajemen Kebencanaan via daring pada Sabtu (11/12) kemarin. Sesi pertama dibuka dengan doa oleh Pdt. Didimus F, berikutnya sambutan singkat Pdt. Budi Cahyadi, MA selaku Ka. Dep. Pelmas BPP GBI. Ia mengatakan sepanjang tahun 2020 -2021 banyak terjadi goncangan di Indonesia seperti bencana alam, pandemi dan gunung meletus.

“Tagana Rajawali menjadi team (relawan) yang turun ke lapangan (lokasi bencana) untuk membuat dapur air. GBI beserta gereja-gereja lain melalui Tagana Rajawali terus bergerak untuk menjadi berkat bagi masyarakat melalui memberikan pertolongan untuk para korban bencana,” pungkasnya.

Sekretaris Umum BPP GBI, Pdt. dr. Josafat Mesach,MTh tampil sebagai keynote speaker dengan mengajak agar orang percaya selain melaksanakan Amanat Agung, juga melakukan mandat budaya.  Mandat budaya menurutnya bermakna manusia mau memelihara bumi dan isinya. Ia menyoroti kerusakan bumi akibat keserakahan manusia, sehingga bumi menjadi sakit. Selain itu, bermakna sebagai suatu tindakan untuk memelihara, mengelola bumi dengan baik.

“Hal di atas juga mencakup menolong korban-korban (bencana) dan pemulihan ekosistem (reboisasi). Gereja menjadi garam dan terang dunia, dengan cara salah satunya menjadi relawan-relawan bencana seperti Tagana Rajawali,” ujarnya. Narasumber menginfokan Tagana Rajawali GBI telah memberikan pelatihan-pelatihan untuk gereja-gereja lain. Lebih lanjut, ia memberikan info soal struktural Tagana Rajawali GBI berada dibawah struktur Departemen Pelmas BPP GBI dan untuk di daerah-daerah dibawah struktur BPD GBI.

“Segera bergerak, dirikan dapur air, trauma healing dan diharapkan Sinode-Sinode lain bisa mempunyai Tagana. Jadilah terang dan garam dunia, salah satu caranya melalui layanan Tagana Rajawali, ” pungkasnya.

(pram)



Leave a Reply