Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

GKI KLASIS JAKARTA II: PELATIHAN TANGGAP BENCANA PENYELAMATAN BENCANA BANJIR




eBahana.com – Sabtu, 8 Mei 2021 Komisi Kespel dan Oikmas GKI Klasis Jakarta II (Kajadu) mengadakan Pelatihan Tanggap Bencana Penyelamatan Bencana Banjir bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Tangerang Selatan, bertempat di Situ Pondok Jagung, Jl Rawa Kutuk, Serpong Utara, Tangerang Selatan.

Ketua Komisi Kespel dan Oikmas GKI Klasis Jakarta II, Ishak Hatorangan Hutagalung, menyampaikan “Pelatihan ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang sering terjadi di wilayah pelayanan Jemaat di lingkungan Klasis Jakarta II seperti di wilayah GKI Ciledug Raya dan GKI Graha Raya.” 

“Peserta berasal dari GKI Ciledug Raya, GKI Graha Raya serta Komunitas Gumul Juang Ciliwung yaitu tim relawan yang selama ini bekerjasama dengan GKI dalam bantuan dan penyaluran bantuan bagi korban banjir di DAS Ciliwung, khususnya di wilayah Jatinegara.” jelas Ishak lagi.

Mengingat kegiatan dilaksanakan di masa pandemi maka dalam pelaksanakannya dilakukan protokol kesehatan yang ketat seperti menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak selama pelatihan. Berdasarkan informasi panitia, Indrawati Hadian, “Sebelum mengikuti pelatihan semua peserta diwajibkan mengikuti tes SWAB Antigen di lokasi dan jumlah peserta dibatasi maksimum 30 orang.”

 Dalam sambutannya perwakilan BPMK GKI Klasis Jakarta II, Oembardito, menyampaikan “Saat ini Klasis Jakarta II sudah mempunyai perahu karet sendiri. Semoga kedepannya pelayanan semakin optimal. Lewat pelatihan ini diharapkan terbentuk tim yang siap siaga dan dapat meningkatkan pelayanan dalam membantu sesama.”

 Materi pelatihan terkait pengetahuan dasar penyelamatan di air meliputi faktor-faktor yang mempengaruhi penyelamatan di air, perlengkapan yang digunakan, metode dan tehnik-tehnik pertolongan, bagaimana mempertahankan diri serta menghadapi keadaan darurat dengan narasumber berasal dari BPBD.

Selain teori, para peserta juga diperkenalkan secara langsung pada peralatan dan perahu karet yang digunakan saat memberikan pertolongan, melakukan praktek menggunakan perahu karet serta pertolongan dan penyelamatan di saat bencana banjir. Puji Tuhan, cuaca sangat mendukung sehingga praktek di Situ Pondok Jagung berjalan baik tanpa insiden.

Salah seorang peserta pelatihan, Yan Sudarma mengatakan, “Pelatihan ini sangat baik dan berguna. Apalagi pesertanya masih muda dan bersemangat. Berharap ada lagi pelatihan lanjutan.”

Semoga lewat pelatihan ini, para peserta mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan yang bermanfaat sehingga dapat diterapkan di tempatnya masing-masing khususnya di daerah yang rawan banjir, terbentuk tim yang siaga dan dapat meningkatkan pelayanan terhadap sesama sehingga nama Tuhan dipermuliakan. Tuhan Yesus memberkati.

 

Oleh Lina Nababan M.Kes. – Kelompok Kerja Bencana, GKI Klasis Jakarta II.



Leave a Reply