Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Ephorus HKBP Temui Presiden Joko Widodo




Pertemuan Ephorus HKBP bersama Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Rabu (23/2) kemarin.

Bogor, eBahana.com – Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pdt. Dr. Robinson Butarbutar bertemu Presiden Joko Widodo, dalam rangka perkenalan, menyampaikan realisasi kinerja di tahun Pemberdayaan 2021, serta progres Tahun Kesehatian 2022, di Istana Kepresidenan Bogor pada Rabu (23/2) kemarin. Bersama Ephorus HKBP ikut pula Sekjen Pdt Dr Victor Tinambunan, Kadep Koinonia Pdt Dr Deonal Sinaga dan Kadep Diakonia Pdt Dr Debora Sinaga. Sementara Presiden didampingi Mensekneg Prof Pratikno dan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan.

Dalam siaran persnya, Ephorus HKBP melaporkan kinerja pimpinan HKBP pada tahun Pemberdayaan 2021, termasuk pemberdayaan Universitas, Sekolah, Rumah Sakit, dan Pelayanan sosial khususnya untuk kaum difabel. Disampaikan juga kerjasama HKBP dengan Mensos Risma. Pada tahun Kesehatian 2022 dengan puncak launching Sentralisasi Keuangan pada Sinode Agung (24-27/10/2022), Ephorus HKBP memohon topangan Presiden untuk usaha itu melalui Badan Usaha HKBP, dan mengundang Presiden Jokowi hadir pada 25 Oktober.

Ephorus HKBP juga menyampaikan apresiasi terhadap kinerja pemerintah yang menyukakan hati warga dan pelayan HKBP di seluruh negeri, juga oleh anak-anak bangsa seperti dibuktikan oleh survey Balitbang Kompas, yaitu 73,9 persen di bidang menyejahterakan sosial, politik, hukum, penegakan hukum, dan perekonomian, serta secara khusus dalam keberhasilan pemerintah menyelaraskan bidang kesehatan dan perekonomian di dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Selain itu, mengapresiasi usaha Presiden memajukan negeri termasuk Sumut, secara khusus kawasan Danau Toba, di mana pemerintah membangun infrastruktur, kesiapan budaya pariwisata, dan HKBP bekerjasama dengan BPODT. Ephorus mendukung usaha Presiden menyelaraskan pembangunan infrastruktur di kawasan Danau Toba dengan upaya pelestarian lingkungan, serta memohon agar Presiden menindak para pelanggar undang-undang menyangkut lingkungan hidup di kawasan Danau Toba.

Demikian pula, keteladanan Presiden yang melakukan blusukan untuk mengetahui kondisi masy yang dilayani, yang juga Ephorus perankan dengan kunjungan ke jemaat-jemaat terpencil pada tahun 2021. Menurut Pdt. Robinson Butarbutar, Presiden Joko Widodo mengapresiasi pertemuan itu. Bantuan HKBP ikut menyelenggarakan vaksinasi bersama pemerintah, akan menolong HKBP melakukan tugas-tugasnya pada tahun tahun kesehatian. Pelaksanaan praktis topangan itu diserahkan pada Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo meminta HKBP terus melanjutkan kerjasama dengan pemerintah melayani masyarakat, seperti di kawasan Danau Toba untuk mengembalikan marwah keindahan Danau Toba dan menyejahterakan warga masyarakat, dan melestarikan lingkungan hidup. Presiden akan memerhatikan permintaan Ephorus tentang pentingnya perusak kingkungan hidup untuk ditindak. Secara khusus Presiden menerima undangan HKBP untuk hadir pada Sinode Agung HKBP Dia akan menyemangati launching Sentralisasi Keuangan. Dan, meminta Ephorus untuk mengingatkan pelaksanaan Sinode Agung itu karena dia akan hadir.

(markus)



Leave a Reply