Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

PGI Kunjungi Pastoral ke HKBP KSB




Serang, eBahana Sekretaris Eksekutif Bidang Keadilan dan Perdamaian PGI Pdt. Henrek Lokra melakukan kunjungan pastoral, dan melakukan dialog dengan pengurus Gereja HKBP Kota Serang Baru (KSB), yang terletak di Perumahan Kota Serang Baru (KSB) Blok I, Kamis (27/08/20).

Sebagaimana diketahui, pada Minggu (23/08/20), jemaat gereja tersebut mengalami penghadangan oleh kelompok masyarakat tertentu, ketika akan beribadah. Kasus ini menjadi viral setelah rekaman video peristiwa ini diunggah di media sosial. Dalam video berdurasi 1 jam itu, terlihat massa berkumpul di depan gereja dan menyampaikan penolakan serta meminta pengurus gereja untuk menaati kesepakatan antar pihak gereja dan pengurus desa setempat.

Dalam kunjungannya, Pdt. Henrek Lokra menyampaikan rasa prihatin, dan berharap agar jemaat tetap semangat, terus berdoa dan membangun solidaritas sebagai sesama warga bangsa di tengah situasi yang ada.

Kami berharap jemaat tetap tenang, terus berdoa dalam situasi apapun, terus membangun persekutuan yang memberkati karena panggilan gereja adalah untuk menjadi berkat bagi bangsa-bangsa.  Sebagai warga negara kita harus tunduk pada konstitusi yang berlaku, semua proses dan prosedur yang ada dapat kita upayakan meskipun kita sangat sadar bahwa upaya seperti itu tidak mudah. Sebagai gereja kita tetap harus menunjukan sikap dan komitmen kita untuk taat kepada konstitusi dan terus mendukung pemerintah dalam rangka memfasilitasi setiap warga negara dalam rangka menjalankan ibadah kepada Tuhan sesuai dengan jaminan konstitusi yang berlaku di negara kita.

Karena itu semua pendekatan kultural dengan masyarakat setempat kiranya dapat terus ditempuh, dan tentu kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap membuka ruang dialog sebagai sesama anak bangsa yang saling menghormati dan menghargai dan tetap taat pada konstitusi yang berlaku di negara kita.

Pada kesempatan itu, salah seorang pengurus HKBP KSB menyampaikan terimakasih atas kunjungan pastoral yang dilakukan oleh PGI. Menurutnya, hal ini sebagai bukti bahwa jemaat tidak ditinggal sendirian, melainkan mendapat perhatian yang sangat baik. Jemaat HKBP KSB berharap mereka dapat difasilitasi untuk menjalankan ibadahnya dengan baik dan tenang. Kami juga sangat menyadari dan mendukung pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga kami akan patuh pada protokol Kesehatan yang berlaku.

Dijelaskan, Gereja HKBP KSB yang memiliki jemaat sebanyak 160 KK ini, masih merupakan pos pelayanan dan dalam proses persiapan menjadi jemaat. Berbagai upaya telah dilakukan agar jemaat ini bisa beribadah di gerejanya sendiri namun selalu mendapat penolakan dari warga, meski telah berpindah-pindah tempat. Upaya dengan menemui sosok yang dituakan di daerah itu pun ternyata tidak membuahkan hasil.

Diakhir pertemuan Pdt. Henrek Lokra mengingatkan kembali agar sementara ini jemaat dapat mempertimbangkan bentuk lain dalam membina persekutuan sembari upaya dialog dan difasilitasi oleh pemerintah daerah terus diupayakan guna menemukan solidasi yang lebih setara bagi sesama warga bangsa.

Sumber: http://pgi.or.id



Leave a Reply