Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

UKDW Lepas Peserta Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka




Yogyakarta, eBahana.com – Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta secara resmi melepas mahasiswa peserta program inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMMDN) tahun 2021 untuk kembali ke universitas masing-masing. Acara ini berlangsung secara luring di Auditorium Koinonia UKDW pada hari Kamis (13/1) kemarin dan disiarkan secara langsung lewat kanal Youtube UKDW Yogyakarta. Penutupan program inbound PMMDN tahun 2021 dilakukan secara langsung oleh Ir. Henry Feriadi, M.Sc. Ph.D. selaku Rektor UKDW.

Ir. Henry Feriadi, M.Sc. Ph.D. menyebutkan program inbound PMMDN yang berjalan selama dua bulan sudah berakhir. “Sebentar lagi mahasiswa peserta PMMDN ini harus segera kembali ke kampus masing-masing. Kami berharap kegiatan ini menjadi pengalaman hidup yang berkesan, bisa mengenal Yogyakarta, berkuliah di UKDW, dan bisa menunjukkan keberagaman nusantara dalam keakraban. Biarlah memori yang baik itu disimpan untuk menjadi bekal, sehingga setelah selesai studi dan kembali ke tengah masyarakat, bisa menjadi duta-duta pembaharuan di tempat masing-masing, serta menceritakan akan manfaat program PMMDN ini,” tuturnya.

Sementara itu Dr. Charis Amarantini, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset, dan Inovasi (WR 1) UKDW menerangkan ada 18 mahasiswa yang hadir di UKDW dari 24 mahasiswa peserta inbound PMMDN UKDW yang berasal dari 12 mitra perguruan tinggi. “Proses pembelajaran luring berlangsung selama dua bulan sejak akhir November 2021. Para mahasiswa mengikuti kegiatan kebinekaan dan mempelajari ragam budaya dalam bingkai modul nusantara. Selama 2 minggu, para mahasiswa ini juga mengunjungi berbagai tempat budaya di Yogyakarta,” terangnya.

Sedangkan Dra. Aniek Prasetyaningsih, M.Si. selaku Ketua Tim Pelaksana Program PMMDN UKDW menjelaskan bahwa program ini sudah dimulai sejak bulan Agustus 2021. Selain menerima 24 mahasiswa peserta inbound, UKDW juga melepas 14 mahasiswa UKDW untuk mengikuti program ini. “Perkuliahan di UKDW untuk program ini dimulai sejak Agustus lalu, namun masih berlangsung secara daring. Kemudian untuk perkuliahan secara luring dimulai pada akhir November 2021. Saya sangat mengapresiasi para mahasiswa peserta inbound PMMDN UKDW yang begitu antusias dalam mengikuti proses pembelajaran yang ada. Mereka menunjukkan ikatan persaudaraan yang kuat selama beberapa bulan dalam berinteraksi dengan berbagai macam keragaman dan menjadikan UKDW sebagai rumah mereka,” jelasnya.

(ukdw)



Leave a Reply