Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Tahun Pemberdayaan, HKBP Ajak Gereja-gereja Lebih Transformatif




Tarutung, eBahana.com – Forum Komunikasi Pria Kaum Bapa Persekutuan Gereja Gereja di Indonesia (FK PKB PBGI) XIV menjadi penguatan dan penyemangat bagi HKBP dalam menghadapi berbagai pergumulan. Bukan hanya HKBP, namun semua hadirin yang turut dalam keanggotaan PGI juga telah menguatkan satu sama lain. Di tengah banyaknya problem kehidupan yang dihadapi secara masif akibat pandemi Covid-19, Konas berjalan lancar dan meghasilkan keputusan-keputusan yang menjadi bekal Kaum Bapak dalam menjadi garam dan terang dunia, di keluarga maupun di tengah masyarakat luas.

Hal ini diungkapkan Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Robinson Butarbutar dalam acara penutupan Konsultasi Nasional (Konas) FK PKB PGI 2021, pada Kamis (4/11) kemarin di Gedung Raja Pontas Lumbatobing, Tarutung, Sumatera Utara. Menurut Ephorus Robinson, kekerasan terhadap perempuan dan anak dalam keluarga meningkat tajam pada masa pandemi. Hal yang memprihatinkan, pelakunya didominasi kaum bapak. Untuk itulah HKBP pada tahun pemberdayaan ini berusaha melakukan seminar sehari di tiga regional. HKBP merekomendasikan setiap gereja harus serius memanggil, menguatkan, dan mengutus kaum bapak untuk melakukan tugas imam transformatif. lewat berbagai cara yang sesuai dengan dasar-dasar dan nilai-nilai Kekristenan sehingga bisa totalitas dalam melayani pada era digital.

Ephorus juga menyampaikan rasa syukur kepada Allah dan berterima kasih kepada gereja-gereja anggota PGI karena telah mempercayakan HKBP menjadi sebagai tuan rumah kegiatan Konas. Konas yang berlangsung sejak 2-4 Nopember 2021 dibuka secara resmi oleh Ketua Umum FK PKB PGI Olly Dondokambey, SE yang didahului ibadah pembukaan yang dipimpin Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal dan liturgis Pdt. Susi Hutabarat, S.Th.

“Kota Tarutung merupakan daerah kelahiran saya. Kalau kita mau mengurai kenangan sejak kecil sampai hari ini, tentu sangat layak untuk dijadikan tempat pertemuan baik tingkat Nasional maupun Internsional. Sebagaimana yang kita alami sekarang ini, di mana Konas FK PKB PGI XIV dilaksanakan ditempat ini,” kata Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom, M.Th dalam sambutannya.

Setelah pembukaan sidang dilanjutkan mendengar ceramah dari pemateri yaitu, Menteri Hukum dan HAM RI – Prof. Yosonna H. SH, MSc, Ph.D, Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom, M.Th, Dr. Batara Sihombing, Dosen STT Abdi Sabda Medan, dan Dirjen Bimas Kristen RI.

Pada hari terakhir (4/11), peserta Konsultasi Nasional (Konas) FK PKB PGI 2021 dipandu panitia melakukan kunjungan ke beberapa objek wisata di daerah Tapanuli Utara. Yakni ke Salib Kasih, Huta Ginjang dan Huta Na Godang Kecamatan Muara. Peserta mengagumi objek wisata religi dan destinasi wisata Danau Toba. Sepulang dari perjalanan wisata, sekitar pukul 17.00 WIB, peserta mengikuti kegiatan penutupan Konsultasi Nasional di Gedung Raja Pontas Lumbantobing yang dipimpin Sekretaris Umum FK PKB PGI, Michael Roring. Penutupan dilaksanakan dalam ibadah yang dipimpin Kepala Biro Oikumene, Pdt. Sondang Napitupulu, M.Th sebagai Liturgis dan Sekretaris Jenderal, Pdt. Victor Tinambunan, MST melayankan khotbah.

(Aleksander Mangoting)



Leave a Reply