Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Pesparani II Katolik Dimulai Lusa, Dibuka Presiden Jokowi




 

Jakarta, eBahana.com – Presiden Joko Widodo akan membuka acara Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) yang akan digelar secara virtual pada 2 Oktober 2021. Pesparani 2021 diberi nama Kreasi Virtual Katolik Indonesia (KVKI) dengan tema “Persaudaraan Insani di Tengah Pandemi”.

“Semestinya, Pesparani II ini digelar pada 2020 di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Namun, akibat pandemi Covid-19 dan ada pembatasan kegiatan masyarakat maka Pesparani harus diundur,” demikian siaran pers panitia Pesparani II 2021 yang diterima eBahana.com di Jakarta, Rabu (22/9) kemarin.

Disebutkan, meski sedikit berbeda dengan jumlah mata lomba Pesparani yang digelar secara luring, namun pelaksanaan KVKI tidak kalah semaraknya karena diikuti oleh lebih dari 200 peserta dari 32 provinsi atau Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Daerah LP3KD.

Pelaksanaan Pesparani II atau KVKI dimulai dengan pembukaan pada 2 Oktober 2021 yang direncanakan oleh Presiden Jokowi. Lalu, sepanjang Oktober 2021 akan ada berbagai acara, yakni pada 7-10 Oktober babak penyisihan, semifinal, dan final Cerdas Cermat Rohani Anak dan Remaja; 15-16 Oktober lomba Tutur Kitab Suci; IG Live pada 6, 13, dan 20 Oktober; dan webinar pada 27 Oktober. Semua acara tersebut akan disiarkan secara langsung maupun tunda di media sosial dan saluran Youtube LP3KN dan Pesparani Katolik.

Beberapa tokoh Katolik, seperti Ignasius Jonan, Komjen (Purn) Gories Mere, Purnomo Yusgiantoro, dan Mari Elka Pangestu juga akan akan menghadiri beberapa sesi dari rangkaian acara tersebut. “Selain itu, kegiatan ini juga akan dihadiri dan didukung oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan beberapa menteri, seperti Menko Maritim dan Investasi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Dalam Negeri, Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Kesehatan, dan Menteri Agama,” tulis panitia.

KVKI ditutup 28 Oktober 2021 oleh Wapres bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda. Hal ini untuk menunjukkan bahwa KVKI bukan hanya kegitan keagamaan, tetapi juga kegiatan untuk meningkatkan rasa kebangsaan dan kecintaan kepada Tanah Air, yaitu Indonesia.

Pesparani I digelar di Ambon, Maluku, pada 2018. Saat pembukaan, Mgr Ignasius Kardinal Suharyo mengajak para peserta dan masyarakat untuk merenungkan semangat Sumpah Pemuda sebagai bekal merawat dan menyiangi persaudaraan dalam kehidupan sehari-hari. Kardinal Suharyo juga mengatakan, sidang yang berakhir dengan Sumpah Pemuda itu dilaksanakan di Kompleks Katedral Jakarta. “Pada Sabtu sore, 27 Oktober 1928, sidang pertama dilakukan di gedung Pemuda Katolik, yang sekarang terletak di areal Katedral Jakarta. Akhirnya, sidang itu ditutup pada Minggu malam, 28 Oktober 1928, di gedung yang sekarang disebut Gedung Sumpah Pemuda,” ujarnya.

Diharapkan, kegiatan KVKI bisa menjadi suatu momentum inovasi berkarya bagi LP3KD sekaligus menggelorakan kembali rasa cinta Tanah Air. Kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi sumbangsih penghiburan bagi seluruh masyarakat Indonesia.



Leave a Reply