Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Kota-kota di Eropa Buka Pasar Natal Pertama




Lampu menerangi pasar Natal di Frankfurt, Jerman, 22 November 2021. (Foto-foto: dok. AP/Michael Probst)

Frankfurt, eBahana.com – Pohon natal menjulang di atas alun-alun utama di kota Jerman tengah ini, Frankfurt, chestnut dan almond manis dipanggang, dan anak-anak memanjat di atas komidi putar seperti yang mereka lakukan sebelum pandemi. Tetapi lonjakan infeksi virus corona telah meninggalkan perasaan tidak nyaman yang menggantung di Pasar Natal Frankfurt. Untuk menikmati secangkir anggur yang sudah matang, ritual musim dingin yang tidak rumit di masa pra-pandemi, pelanggan dengan masker harus melewati pintu masuk satu arah ke gubuk anggur berpagar, berhenti di stasiun pembersih tangan. Di tempat lain, petugas keamanan memeriksa sertifikat vaksinasi sebelum membiarkan pelanggan menuju sosis dan kebab yang mengepul.

Terlepas dari ketidaknyamanan pandemi, pemilik kios yang menjual ornamen, chestnut panggang, dan barang-barang bertema liburan lainnya di Frankfurt dan kota-kota Eropa lainnya lega bisa membuka untuk pasar Natal pertama mereka dalam dua tahun, terutama dengan pembatasan baru yang berlaku di Jerman, Austria dan negara-negara lain ketika infeksi COVID-19 mencapai rekor tertinggi. Pedagang yang telah membuka berharap untuk setidaknya sebagian kecil dari penjualan liburan pra pandemi untuk mempertahankan bisnis mereka.Yang lain tidak begitu beruntung. Banyak acara liburan terkenal telah dibatalkan di Jerman dan Austria. Dengan penutupan pasar, uang yang akan dibelanjakan wisatawan di restoran, hotel, dan bisnis lainnya hilang.

Jens Knauer, yang membuat siluet bertema Natal yang rumit dan bercahaya yang dapat digantung orang di jendela, mengatakan bahwa harapannya hanyalah bahwa pasar Frankfurt “tetap buka selama mungkin.” Sementara Natal adalah 40% dari pendapatan tahunan bagi banyak pengecer dan pemilik restoran, “bagi saya, itu 100%,” kata Knauer. “Jika saya bisa tetap buka selama tiga pekan, saya bisa bertahan sepanjang tahun.” Para pemasok gelisah setelah pasar Natal lainnya tiba-tiba ditutup di wilayah Bavaria Jerman, yang meliputi Nuremberg, rumah dari salah satu pasar terbesar dan paling terkenal. Peserta pameran yang terkejut di Dresden harus mengemasi barang-barang mereka ketika pihak berwenang di wilayah timur Saxony tiba-tiba memberlakukan pembatasan baru di tengah melonjaknya infeksi.

Pasar Austria ditutup ketika penguncian 10 hari dimulai pada hari Senin (22/11) kemarin, dengan banyak pemilik kios berharap mereka dapat membuka kembali jika tidak diperpanjang. Pemerintah Ceko pada hari Kamis (25/11)kemarin menutup pasar Natal sebagai bagian dari langkah-langkah untuk melawan lonjakan rekor kasus. Pasar biasanya menarik banyak orang untuk berderet-deret penjual ornamen dan makanan, lalu lintas pejalan kaki yang melimpah menjadi pendapatan bagi hotel dan restoran di sekitarnya. Tahun ini, kerumunan di pasar Frankfurt sangat menipis, dengan kios-kios tersebar di area yang lebih luas.

Jens Knauer berdiri di stannya di pasar Natal di pusat Frankfurt, Jerman, pada Selasa, (23/11) kemarin.

Heiner Roie, yang menjalankan gubuk anggur berbentuk tong anggur, mengatakan dia berasumsi dia akan melihat setengah dari bisnis yang dia miliki pada tahun 2019. Penutupan akan menyebabkan “kerugian finansial yang besar, itu dapat menyebabkan kehancuran total karena kita belum memiliki pendapatan dalam dua tahun, dan pada titik tertentu, cadangan keuangan habis.” Tapi kalau masyarakat sedikit disiplin dan memperhatikan langkah-langkah kesehatan, “Saya kira kita bisa mengaturnya,” katanya.

Di sebelahnya, tamu Bettina Roie disambut dengan tanda yang meminta mereka untuk menunjukkan sertifikat vaksinasi mereka di stannya yang menyajikan raclette Swiss, hidangan keju leleh yang populer. Pasar “memiliki konsep yang baik karena yang kita butuhkan adalah ruang, ruang, untuk menjaga jarak satu sama lain,” katanya. “Berbeda dengan restoran, mereka memiliki bangunan dan dindingnya, tetapi kita dapat menyesuaikan diri dengan keadaan.” Keluarga besar Roie adalah bisnis peserta pameran generasi kelima yang juga mengoperasikan komidi putar di alun-alun pusat Roemerberg Frankfurt, tempat pasar dibuka hari Senin. Roie mengatakan penting untuk membuka kembali “agar kita dapat membawa sedikit kegembiraan kepada orang-orang bahkan selama pandemi, itulah yang kami lakukan, kami membawa kembali kegembiraan.”

Lonjakan terbaru dalam kasus COVID-19 telah meresahkan prospek pemulihan ekonomi Eropa, membuat beberapa ekonom melakukan perlindungan nilai terhadap ekspektasi mereka untuk pertumbuhan di bulan-bulan terakhir tahun ini. Holger Schmieding, kepala ekonom di Berenberg Bank di London, telah memangkas perkiraannya untuk tiga bulan terakhir tahun ini di 19 negara yang menggunakan euro dari 0,7% menjadi 0,5%. Tetapi dia mencatat bahwa gelombang infeksi memiliki dampak yang lebih kecil di seluruh ekonomi secara luas karena vaksinasi telah mengurangi penyakit serius dan banyak perusahaan telah belajar untuk menyesuaikan diri.

Itu adalah kenyamanan dingin bagi asosiasi restoran dan hotel DEHOGA Jerman, yang memperingatkan “hujan es pembatalan” dan mengatakan para anggota melaporkan setiap pesta Natal kedua atau acara khusus lainnya dibatalkan. Negara-negara Eropa lainnya di mana pandemi tidak terlalu parah kembali ke cara lama. Pasar Natal tradisional di Plaza Mayor Madrid, di jantung ibu kota Spanyol, dibuka pada Jumat dengan ukuran sebelum pandemi. Di ibu kota Hongaria, Budapest, pasar Natal telah dipagari dan pengunjung harus menunjukkan bukti vaksinasi untuk masuk.

Di Wina, pasar dipadati akhir pekan lalu karena orang-orang mencari keceriaan Natal sebelum penguncian Austria. Pedagang mengatakan penutupan tahun lalu dan pembatasan baru memiliki konsekuensi bencana. “Penjualan utama sepanjang tahun dilakukan di pasar Natal – jeda ini merupakan kerugian finansial yang sangat besar,” kata Laura Brechmann yang menjual bintang-bintang bercahaya di pasar Spittelberg sebelum penguncian dimulai. “Kami berharap semuanya akan dibuka kembali, tetapi saya pribadi tidak terlalu mengharapkannya.” Di wilayah Salzkammergut Austria, rumah bagi resor ski dan kota Hallstatt yang indah, industri pariwisata berharap penguncian nasional tidak akan diperpanjang melewati 13 Desember dan dapat memulihkan pendapatan yang sangat dibutuhkan.

(AP)



Leave a Reply