Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

DISLEKSIA, Anak Istimewa




eBahana.com – Setiap pasangan suami istri tentulah merindukan anak yang lahir dan bertumbuh secara normal. Mereka berdoa dan berharap agar Tuhan mengaruniakan anak yang sehat
dan cerdas serta sempurna secara fisik. Akan tetapi, Tuhan kerap mengizinkan keluarga mempunyai anak yang bermasalah. Bisa saja berupa ketidaksempurnaan fisik ringan atau besar, yang lazim disebut anak penyandang disabilitas. Ada juga anak yang secara fisik sehat, tetapi memiliki kelemahan secara psikologis, misalnya, autis, hiperaktif, dan disleksia. Orangtua dari anak dengan gangguan disleksia tentu saja bergumul secara mental, emosional, dan spiritual. Tidak sedikit orangtua marah kepada Tuhan dan menganggapnya sebagai kutukan bagi keluarga. Padahal, anak secara fisik normal dan cerdas pula. Sikap demikian terjadi karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman. Uraian berikut diharapkan memberikan penjelasan ringkas.

Pengertian Disleksia dan Ciri-cirinya
Banyak informasi di media sosial yang menjelaskan tentang masalah disleksia pada anak. Berikut adalah beberapa gejala penderita gangguan itu.

  1. Secara fisik anak terlihat normal dan cerdas, tetapi kesulitan membaca huruf dan kata, karena melihat objek tidak tersusun rapi.
  2.  Bisa mengenal sebuah kata di satu halaman, tetapi di halaman berikutnya tidak lagi. Bahkan anak tidak ingat lagi kata yang baru saja dibaca.
  3. Salah mengeja dan menyebutkan huruf dan kata. Sulit membaca dengan teratur, dan membuat loncatan. Kalaupun berhasil membaca, anak tidak mudah memahami yang dibacanya.
  4. Mengalami kesulitan membaca dengan bersuara (kesulitan fonologis).
  5. Mengalami kesulitan memahami ungkapan atau guyonan.
  6. Mengalami kesulitan belajar bahasa yang baru.
  7. Lambat menulis dan harus bekerja keras melakukannya. Tulisan tangannya juga tidak mudah untuk dibaca.
  8. Sulit membedakan kiri dan kanan.
  9. Sulit membaca waktu pada jam dinding.
  10. Cemas berlebihan menghadapi ulangan atau ujian.

Mari simak kelanjutan artikelnya di Bahana Magazine Volume 356.  Untuk pemesanan dapat menghubungi Admin via WhatsApp +62-813-2771-3987 (Yemima).



Leave a Reply