Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Banyak Faktor Penyebab Ketidak-stabilan Emosi Seseorang, Apa Saja ya?




eBahana.com – Banyak faktor penyebab ketidak-stabilan emosi seseorang, di antaranya.

  1. Pembentukan karakter yang salah dari keluarga, misalnya: banyak orang tua yang tidak menghendaki
    anaknya memiliki keterbukaan dalam menyampaikan pendapat, maka terjadilah akumulasi perasaan tertekan. Hal ini menyebabkan timbulnya ledakan atau luapan emosinya pada orang-orang yang ada di sekelilingnya. Atau juga kemanjaan-kemanjaan atau kemudahan saat menginginkan sesuatu di lingkungan keluarganya, maka dia tumbuh menjadi pribadi yang “tidak memedulikan” apapun yang dirasakan oleh orang lain (egoisme).
  2. Bisa juga dikarenakan tipe pribadi yang tertutup atau introvert. Orang tipe tersebut banyak menyimpan
    problematiknya sendiri dan tidak memiliki keterbukaan dalam komunikasi. Sehingga tanpa disadari, dia seringkali meluapkannya dalam bentuk emosi yang negatif terhadap orang lain.
  3. Bisa juga dikarenakan makanan yang terlalu merangsang emosi. Cara meminimalkannya adalah, Anda harus introspeksi terlebih dahulu apa penyebabnya, barulah Anda dapat mengatasinya.

Kalau penyebabnya adalah pembentukan yang salah dari lingkungan keluarga, maka Anda harus berani merubahnya untuk lebih terbuka dalam komunikasi dan lebih meningkatkan kemampuan sikap empati Anda terhadap perasaan orang lain.

Sedangkan kalau gaya hidup atau pola makan Anda , maka mulailah berupaya keras untuk mengurangi makanan yang dapat merangsang emosi Anda, misalnya: cabe, daging warna merah, minuman beralkohol dsb.

Oleh Indayati Oetomo, Direktur Internasional John Robert Power.



Leave a Reply