Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Gereja Tertua di Kota Kupang Jadi Museum Sejarah




Kupang, eBahana.com – Gedung Gereja Kota Kupang sebentar lagi berubah fungsi. Gereja Kota Kupang di Provinsi Nusa Tenggara Timur ditetapkan sebagai salah satu museum sejarah bagi umat Kristen Protestan yang ada di wilayah Kota Kupang. Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore seperti dalam keterangan tertulis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Kupang yang diterima di Kupang, Kamis (3/2) kemarin, telah melakukan pencanangan penataan halaman gedung kebaktiaan dan renovasi gedung untuk museum sejarah jemaat kota Kupang itu.

Penataan dan renovasi gedung Gereja Kota Kupang yang merupakan Gereja Protestan tertua di Kota Kupang tersebut merupakan tindak lanjut pertemuan antara Wali Kota dengan Majelis Jemaat Harian  pada tanggal 16 September 2021 yang mendapat dukungan positif dari Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore. Gereja Kota Kupang merupakan bukti sejarah perkembangan Gereja Kota Kupang sebagai salah satu landmark atau tengara bersejarah Kota Kupang bermula.

Menurut Jefri Riwu Kore, Pemerintah Kota Kupang berkomitmen untuk mendukung program pekerjaan museum sejarah jemaat Kota Kupang dan juga penataan halaman Gereja Kota Kupang sebagai situs sejarah dengan memberikan bantuan dana senilai Rp250.000.000. Jefri Riwu Kore menambahkan dukungan Pemerintah Kota Kupang selain karena berkaitan dengan meningkatkan kualitas pelayanan gerejawi sekaligus dapat menambah nilai bagi penataan kota.

Dia menambahkan, Pemerintah Kota Kupang terus melanjutkan penataan kota seperti taman dan kawasan pantai serta membantu masyarakat tidak mampu melalui program bedah rumah. Untuk itu, dirinya meminta dukungan dan doa baik dari para pemuka agama maupun jemaat sebagai bagian dari elemen masyarakat Kota Kupang. Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore meminta dukungan doa dan dukungan para Pendeta di daerah ini agar dalam menjalankan pemerintahan jajaran Pemkot bekerja jujur dan adil untuk kesejahteraan masyarakat sehingga pembangunan dan penataan di Kota Kupang dapat segera terealisasi dengan baik.

Pada kesempatan itu Ketua Majelis Jemaat Kota Kupang, Pdt. Adelvina Doko Hege, S.Th menyampaikan terima kasih atas perhatian dari Pemerintah Kota Kupang dan DPRD Kota Kupang yang ikut menyetujui anggaran bantuan tersebut dalam sidang DPRD. Menurut di dia bantuan senilai Rp250.000.000 tersebut sesuai dengan proposal yang diajukan dengan alokasi anggarannya dibagi dua kegiatan yakni untuk penataan halaman Gereja dan renovasi gedung Gereja untuk dijadikan museum sejarah Gereja Kota Kupang.

(sridin)



Leave a Reply