Input your search keywords and press Enter.

Ferdy Godjali S.E. : Lingkungan Sehat, Lingkungan Aman

Pertanyaan:
Saya ingin mengontrak sebuah rumah. Harganya murah dan sudah lama tidak ditempati. Di rumah itu pernah ada penghuninya yang meninggal dan jenazahnya baru diketahui beberapa hari. Jadi menurut warga sekitar di rumah itu ada arwah yang masih gentayangan. Bagaimana pendapat Pak Ferdi, apakah hal seperti ini juga butuh pelepasan Doa seperti apa yang harus saya lakukan?

Rendy Luntungan, Manado
Tidak bisa dipungkiri lingkungan sangatlah berpengaruh pada pertumbuhan rohani seseorang. Lingkungan yang tidak kondusif akan menjerumuskan kita ke dalam berbagai masalah dan membuat kita tidak bertumbuh. Sebaliknya, lingkungan yang bersih akan menunjang pertumbuhan rohani. Lingkungan dapat menjadi magnet untuk menarik kita ke dalam berbagai persoalan. Bahkan lingkungan yang buruk juga dapat memengaruhi kita dalam mengambil keputusan. Anda bisa membaca dalam Bilangan 25:1-5. Orang Israel terjebak dalam penyembahan berhala karena mereka bersekutu dengan orang Moab. Kejadian serupa juga terulang dalam Hakim-Hakim 2:12. Orang Israel meninggalkan Allah yang benar dan mulai mengikuti allah bangsa lain di sekitar mereka. Firman Tuhan berkata, “Pergaulan yang buruk akan merusak semua kebiasaan yang baik” (1 Korintus 15:33). Ketika kita bergaul dengan kaum pencemooh, cepat atau lambat kita akan terjerumus dalam dosa mereka. Begitu pula dengan lingkungan rohani. Di mana ada roh jahat, di sanalah terdapat dosa dan pemberontakan. Roh jahat yang dimaksud di sini bisa berupa roh-roh teritorial yang menguasai wilayah dan juga barang tumpas. Orang percaya meyakini betapa hebat dan kuatnya Roh Kudus dan Dia tidak dapat ditandingi. Permasalahannya apakah Tuhan mengutus atau mengizinkan kita masuk dalam wilayah yang telah dikuasai roh jahat itu. Jika ya maka tidak perlu takut akan dia yang menguasai wilayah karena dia pasti dapat diusir sehingga tidak bisa menggoda dan memengaruhi rohani kita. Tetapi, jika Tuhan tidak mengizinkan kita masuk dalam wilayah mereka dan kita masuk ke sana, siapakah yang menyertai kita? Sudah pasti kita akan menjadi objek roh jahat. Sama saja kita masuk medan perang tanpa persenjataan dan juga tanpa pasukan. Jadi, yang paling utama adalah keputusan dari Tuhan karena Dia yang mengetahui kapasitas dan juga kemampuan kita untuk berperang.

Pembersihan Lingkungan
Setelah Tuhan mengutus kita untuk masuk dalam wilayah musuh, langkah selanjutnya yang harus diambil, yaitu pembersihan lingkungan dari semua roh teritorial dan juga barang tumpas. Tujuannya menghadirkan suasana yang kondusif di wilayah tersebut karena seluruh wilayah itu sudah di bawah kendali Tuhan Yesus Kristus. Untuk lebih jelasnya masalah pembersihan lingkungan dan juga barang tumpas dapat dibaca dalam buku “Menghancurkan Kerajaan Iblis dalam Diri Anda” terbitan PBMR ANDI 2011. Sebagaimana halnya dengan pelepasan, pembersihan lingkungan juga bukan hanya mengusir kuasa kegelapan, tetapi juga menutup setiap pintu masuknya, baik melalui barang-barang tumpas ataupun juga melalui dosa yang pernah diperbuat dalam lingkungan tersebut yang tadinya telah diserahkan kepada setan. Jika kuasa gelap masuk melalui barang tumpas, barang itu haruslah ditumpas dan roh jahat yang tadinya tinggal dalam barang itu, haruslah diikat bersamanya untuk ditumpas (Ulangan 7:26, Yosua 7:12).

Langkah yang Harus Diambil
Langkah pertama dan terutama adalah minta ampun atas semua dosa yang pernah terjadi dalam wilayah tersebut mengingat pijakan Iblis yang pertama adalah dosa. Oleh karenanya, Iblis akan kehilangan pijakan ketika dosa telah diakui. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah pengusiran kuasa gelap dalam wilayah tersebut. Langkah ini biasanya dilakukan oleh orang yang diutus Tuhan terutama yang memiliki karunia Roh. Dan langkah berikutnya adalah penyerahan seluruh wilayah ke dalam tangan Tuhan, agar Tuhan berdaulat sepenuhnya atas wilayah tersebut dan langkah ini ditutup dengan pengucapan syukur sebagai langkah iman tanda Tuhan telah bertakhta dalam wilayah tersebut. Ingatlah prinsipnya, jika lingkungan sehat secara rohani, aman pula rumah/wilayah itu.

Konsultasi Pelayanan Pelepasan diasuh oleh Ferdi Godjali. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar pelepasan, silakan menghubungi alamat redaksi atau email ke: bahanajkt@andipublisher.com

Leave a Reply