Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Webinar: Menjadi Penulis Produktif dan Kreatif




eBahana.com – Webinar dengan tema: Menjadi Penulis Kreatif dan Produktif; Trik-trik Dalam Menulis Buku Teologi Kristen, yang diselenggarakan oleh Penerbit Pustaka Star’s Lub bekerja sama dengan STT Star’s Lub–Luwuk Banggai (Sulawesi Tengah), diselenggarakan pada Rabu, 16 September 2020, mulai jam 09.00 – 12.00 WITA. Adapun tujuan acara ini diselenggarakan supaya para dosen aktivis di dunia pendidikan Kristen, para pendeta atau hamba-hamba Tuhan boleh ambil andil dan berperan dalam dunia literasi kepenulisan. Khususnya para dosen di berbagai STT di Indonesia sudah waktunya untuk menghasilkan tulisan yang diwujudkan dalam bentuk buku. Karena para dosen tersebut sudah mempersiapkan materi yang berupa diktat, dapat dikembangkan dan dipoles dalam bentuk buku, yang kemudian ditindaklanjuti untuk diterbitkan oleh penerbit buku. Demikian juga para pendeta atau gembala sidang, dapat juga menulis buku dengan menyusun bahan khotbah atau Pendalaman Alkitab yang disampaikan kepada jemaat dalam berbagai kegiatan ibadah.

Adapun pembicara dalam seminar webinar ini adalah Dr. Jonar Situmorang, M.A., M.Th., yang dikenal sebagai penulis buku rohani Kristen yang produktif, yang buku-bukunya diterbitkan oleh Penerbit ANDI–Yogyakarta. Salah satu di antaranya adalah “Filsafat Yunani”, yang terbit tahun 2020. Dan juga aktif menulis buku populer lainnya, seperti buku biografi Presiden RI. Misalnya: “Bung Karno Biografi Putra Sang Fajar”, yang terbit pada 2015. Total buku yang sudah ditulisnya sudah mencapai 50-an judul. Beliau mulai menulis sejak tahun 2004. Buku pertamanya yang diterbitkan adalah “Filsafat Dalam Terang Iman Kristen,” yang diterbitkan tahun 2004 oleh penerbit ANDI–Yogyakarta. Impian Dr. Jonar Situmorang menulis buku sampai 100 judul.

Berbagai pesan yang memotivasi dalam menulis disampaikan kepada para peserta. Salah satu jurus dalam menulis adalah: ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Diawali dengan mengamati; melalui membaca berbagai jenis buku. Langkah berikutnya adalah meniru; apa yang ditulis oleh penulis senior dapat ditiru, bagaimana cara menuangkan ide tulisannya itu. Langkah terakhir adalah memodifikasi. Tema pembahasan buku boleh saja sama. Namun harus dimodifikasi supaya tidak terkesan plagiat atau copy paste. Karena perbuatan tersebut melanggar kode etik dalam dunia penulisan buku, dan bahkan dianggap melanggar hukum, yang dianggap sebagai tindakan pidana sebagai pelanggaran hak cipta.

Yang tidak kalah penting disampaikan nara sumber, ada 8 poin mengapa harus menulis, yaitu: supaya pintar, ber-PI lewat tulisan, dapat berpikir lebih sistematis, memperoleh kepuasan batin, mengendalikan emosi dan menyembuhkan, lebih awet muda, sebagai income pasif, warisan. Selain hal tersebut, manfaat menulis adalah dapat mengurangi kepikunan.

Purnama Pasande, selaku Ketua STT Star’s Lub dan sekaligus sebagai Ketua Penyelenggara berkata, “Acara ini sangat luar biasa oleh karena peserta mendapatkan informasi dan pengetahuan bagaimana menjadi yang kreatif dan produktif. Nara sumber, Pdt. Dr. Jonar T.H. Situmorang, menyampaikan materinya dengan bahasa sederhana, namun  dalam dan sangat relevan.” Para peserta  webinar ini pun berterimakasih kepada penyelenggara dan kepada nara sumber atas terlaksananya webinar. Para peserta pun mendapatkan sertifikat. Harapannya, para peserta webinar ini benar-benar dapat mewujudkan menjadi seorang penulis buku rohani Kristen.

Oleh Pdt. Jonar Situmorang.



Leave a Reply