Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Think Tank 2022, Pemimpin-pemimpin Dunia Perbarui Seruan Perdamaian di Semenanjung Korea




Washington D.C., eBahana.com – Para pemimpin dan pakar dunia memperbarui seruan mereka untuk rekonsiliasi damai di Semenanjung Korea selama Reli Harapan yang digelar virtual pada Minggu (12/9) kemarin (Waktu Korea). Acara yang disiarkan langsung dari Korea Selatan dan dihadiri jutaan peserta online dari seluruh dunia tersebut menampilkan inisiatif baru Universal Peace Federation (UPF), Think Tank 2022, yang berupaya membangun strategi global untuk terobosan besar bagi perdamaian pada akhir tahun 2022.

“Saya sungguh percaya bahwa masa depan yang luar biasa menanti rakyat Korea Utara – dan saya yakin bahwa jika mereka mengejar jalan denuklirisasi, mereka akan membuat masa depan itu menjadi kenyataan yang sangat indah. Sampai hari yang diberkati itu tiba, kekuatan yang sangat diperlukan untuk perdamaian di Semenanjung Korea tetap masih Amerika yang kuat. Seperti yang telah kita lihat baru-baru ini di bagian lain dunia, kelemahan hanya mengundang lebih banyak kekerasan dan kekacauan,” kata mantan Presiden AS Donald Trump dalam sambutannya yang disiapkan untuk acara tersebut

Reli yang ketujuh dari kegiatan serupa sejak Agustus 2020, adalah salah satu upaya yang berkembang dari Pendiri UPF Dr. Hak Ja Han Moon untuk mengatasi tantangan di seluruh dunia, termasuk kemiskinan, kesetaraan, dan degradasi lingkungan, serta reunifikasi damai Semenanjung Korea. “Sekarang waktunya telah tiba bagi Korea untuk memenuhi tanggung jawabnya,” kata Dr. Moon dalam acara tersebut. “Prospek perdamaian di Semenanjung Korea itu sangat baik. Perdamaian itu akan terjadi.”

Baik Dr. Moon maupun mendiang suaminya, Dr. Sun Myung Moon, adalah orang asli dari apa yang sekarang adalah Korea Utara dan mendedikasikan hidup mereka untuk menyatukan kembali tanah air mereka dan membangun dunia yang lebih damai. Reli daring ini, yang disiarkan langsung di AS pada tanggal 11 September, mencakup doa penuh khidmat yang melibatkan penonton global untuk menghormati ribuan nyawa yang hilang dalam serangan teror 2001.

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, yang termasuk di antara pembicara yang memuji reli itu dalam pidato yang direkam sebelumnya, menyerukan para pemangku kepentingan utama untuk bersatu dan menghadapi masalah dunia secara langsung. “Perlunya lebih banyak solidaritas antara negara-negara yang berbagi nilai-nilai kebebasan dan demokrasi – seperti Jepang, Amerika Serikat, Taiwan, dan Korea Selatan – lebih mendesak dari sebelumnya. Kita tentu membutuhkan pemimpin yang bersemangat jika kita ingin mencapai solidaritas antara negara-negara yang berbagi kebebasan dan demokrasi, menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, dan mencapai reunifikasi damai di Semenanjung Korea. Rally of Hope ini akan memberi kita banyak kekuatan. Saya yakin untuk itu,” katanya.

Trump memuji kemitraan erat dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan mantan Perdana Menteri Abe karena mendapatkan resolusi bulat melalui Dewan Keamanan PBB dan membawa pulang tawanan Amerika dari Korea Utara. Dia menyatakan rasa hormat kepada Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un karena bertemu dengannya di Singapura dan kemudian di Zona Demiliterisasi, di mana Trump menjadi presiden AS pertama yang menginjakkan kaki di Korea Utara.

President UPF Indonesia, Alfred Forno, menjelaskan bahwa Pembicara lainnya dari reli Think Tank 2022 ini adalah Samdech Hun Sen, perdana menteri Kamboja; José Manuel Barroso, mantan presiden Komisi Eropa; Gloria Macapagal Arroyo, mantan presiden Filipina; HD Deve Gowda, mantan perdana menteri India; Anthony Thomas Aquinas Carmona, mantan presiden Trinidad dan Tobago; dan Nataša Mićić, mantan presiden Serbia.”

“Sebagai negara yang menempatkan harga tak ternilai pada perdamaian, Kamboja sangat mengapresiasi penyelenggaraan reli ini untuk memperkuat budaya perdamaian dan rasa saling percaya di bawah kerangka kerja sama internasional di kawasan Asia-Pasifik,” kata Perdana Menteri Hun Sen, yang Asian Vision Institute-nya berfungsi sebagai Sekretariat Asia-Pasifik dari Think Tank 2022. Dia mengenang kembali ketika Phnom Penh dikuasai oleh Khmer Merah pada tahun 1975 selama Perang Saudara Kamboja, dengan mengatakan, “Kami mengingat tragedi itu dan bertekad untuk mencegah peristiwa serupa terjadi lagi. Kami memahami dengan jelas bahwa perdamaian dan pembangunan bangsa hanya dapat dicapai oleh pemangku kepentingan lokal di negara yang berkonflik.”

Alfred Forno lebih lanjut menjelaskan bahwa empat gubernur provinsi dari Korea Selatan, serta Walikota Seoul yang baru terpilih Oh See-hoon, Walikota Gwangju Lee Yong-sup, dan Walikota Busan Park Heong-joon, mengucapkan selamat kepada Dr. Moon dan UPF atas upaya untuk memajukan rekonsiliasi dan kerja sama di semenanjung. Mr Barroso, berbicara dari pengalaman lama memimpin Komisi Eropa, mengatakan dia sangat mendukung reunifikasi Korea. “Apa yang dapat dilakukan oleh komunitas global, dan saya percaya itu seharusnya dapat dilakukan lebih lagi, yaitu menunjukkan dukungan kuat untuk memfasilitasi [dan] menciptakan kondisi eksternal terbaik bagi orang Korea sendiri untuk menemukan jalan bagi rekonsiliasi dan perdamaian sejati,” katanya.

Dalam sambutannya, Ibu Arroyo mengatakan, “Dengan para pemimpin Kim Jong-un dan Moon Jae-in yang saling berkirim surat sejak April dan mengumumkan pemulihan beberapa saluran komunikasi pada bulan Juli — termasuk mata rantai militer yang dihancurkan oleh Korea Utara tahun lalu — biarlah contoh Korea dapat membuat dunia menarik pelajaran bahwa perdamaian dapat berkembang jika umat manusia dapat bermimpi bersama.”

Tn. Carmona berkata, “Niat baik yang kolaboratif adalah mesin dari proses perdamaian yang sukses apapun. Reunifikasi dan rekonsiliasi membutuhkan kedewasaan sejati dan bukannya filibuster, sebuah pertemuan akal budi dan hati, merayakan kebaikan bersama — tidak meninjau kembali masa lalu yang menyakitkan, melainkan menghubungkan harapan, ambisi, dan visi antar-generasi dan intra-generasi dari rakyat Korea yang bersatu.”

Think Tank 2022, yang mengembangkan Expert Working Groups (EWG) –Kelompok Kerja Ahli– yang terkait dengan tujuh asosiasi internasional UPF, akan mempelopori proyek pembangunan perdamaian seperti Taman Perdamaian PBB di DMZ, membangun terowongan bawah laut Korea-Jepang, meningkatkan pengembangan pariwisata Gunung Geumgang, membantu keluarga-keluarga dari kedua Korea yang terpisah untuk menemukan kerabat mereka, dan panggilan kepada PBB untuk mendirikan sebuah kantor di Korea. Think Tank 2022 telah menyelenggarakan banyak webinar dan juga akan melakukan konsultasi pencarian fakta, konferensi kepemimpinan internasional, dan KTT Dunia besar di Korea Selatan yang menerapkan “Asosiasi Bantuan Satu Juta Rakyat.” Terang Charles Pindo Rumapea, S.H., CMP, UPF Indonesia PR & Media Representative dalam keterangan persnya kepada media.

Charles Pindo selanjutnya menerangkan aspek penting strategis pekerjaan UPF secara global yang bertujuan untuk mempromosikan dialog konstruktif di antara para pemimpin dari semua sektor dan dengan keragaman sudut pandang politik, filosofis dan ideologis. Di dunia yang terlalu sering dicirikan oleh polarisasi dan keengganan untuk secara hormat terlibat dengan mereka yang mewakili “pihak lain”, UPF berusaha untuk mendorong dialog yang lebih luas — sebuah ekumenisme politik yang meruntuhkan hambatan dan memetakan jalan menuju rasa saling menghormati dan memahami. Tidak ada tempat yang lebih membutuhkan pendekatan seperti itu daripada di Semenanjung Korea. Untuk alasan ini, UPF terlibat dengan para pemimpin negara dan partai politik yang bersekutu dengan Korea Utara dan Selatan dan dipandu oleh prinsip-prinsip kehormatan, kesopanan, dan komitmen untuk rekonsiliasi.

(kontributor)



Leave a Reply