Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

PPKM Diperpanjang Hingga 18 Oktober 2021




Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memimpin rakor pengembangan percepatan infrastruktur Provinsi Banten secara virtual, Jakarta, Kamis (18/2/2021).(Dokumentasi Humas Kemenko Marves)

Jakarta, eBahana.comPemerintah melanjutkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2-4 untuk menekan penyebaran virus corona. Kebijakan ini diperpanjang selama 14 hari, yakni 5-18 Oktober 2021. Meski PPKM berlanjut, ada pelonggaran pada sejumlah sektor. Keputusan tersebut diumumkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan pada Senin (4/10) kemarin.

“Dalam penerapan PPKM yang akan diberlakukan selama dua minggu ke depan, pemerintah melakukan berbagai penyesuaian,” kata Luhut melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden. Penyesuaian yang dimaksud Luhut, misalnya konter makanan dan minuman di dalam bioskop diperbolehkan buka. Kemudian, Bandara Ngurah Rai Bali akan dibuka untuk perjalanan internasional mulai 14 Oktober.

Selain itu, akan dilakukan pula pembukaan pusat kebugaran atau fitness center dengan kapasitas maksimal 25% dengan pemberlakuan prokes ketat dan screening PeduliLindungi pada wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Solo Raya, Semarang Raya, Yogyakarta, dan Surabaya Raya.

Luhut mengatakan, berbagai pelonggaran dilakukan lantaran situasi pandemi virus corona di Indonesia terus menunjukkan perbaikan. “Kasus konfirmasi nasional turun 98% dan kasus konfirmasi Jawa-Bali juga menunjukkan penurunan hingga 98,7% dari puncaknya pada 15 Juli lalu,” kata dia. Meski demikian, Luhut mengingatkan masyarakat agar tak mengalami euforia dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

PPKM level 1-4 untuk kali pertama diterapkan pada 21-25 Juli. Kebijakan ini merupakan perpanjangan dari PPKM darurat yang berlaku pada 3-20 Juli 2021. Pemerintah sendiri tercatat beberapa kali memperpanjang kebijakan tersebut untuk menekan laju penyebaran virus corona. Namun, beberapa waktu belakangan, PPKM diterapkan dengan pelonggaran pada sejumlah sektor, mulai dari kegiatan di pusat perbelanjaan, restoran, hingga aktivitas belajar mengajar.

(dbs)



Leave a Reply