Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

PGI Kecam Penyiksaan-Pembunuhan Nakes di Kiwirok




Para petugas mengevakuasi korban kebakaran dan kekerasan di Kiwirok, Papua

Jakarta, eBahana.com Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia mengecam keras peristiwa kekerasan di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata pada Senin (13/9) kemarin, dengan membakar puskesmas dan menyandera serta menyiksa beberapa perempuan petugas kesehatan di Puskesmas Kiwirok. Penyiksaan dengan tindakan asusila terhadap tenaga kesehatan bahkan mengakibatkan 1 orang nakes meninggal dunia, merupakan tindakan yang merusak karya ciptaan Allah.

PGI menyampaikan sikap prihatin, sedih, dan turut berbelarasa bersama semua nakes yang menjadi korban penyiksaan dan berdukacita dengan segenap keluarga korban. Perilaku kejam ini sungguh mencederai rasa kemanusiaan serta melanggar ketentuan-ketentuan internasional maupun nasional terkait perlindungan tenaga kesehatan, hal mana tertuang dalam Konvesi Jenewa, Palang Merah Internasional, maupun ratifikasinya dalam tata perundangan Republik Indonesia. PGI tak henti-hentinya mendorong semua pihak menghentikan penggunaan kekerasan dan mengedepankan dialog yang berbudaya dan bermartabat dalam penyelesaian berbagai masalah
sosial-politik di Papua.

Menyikapi kasus penyiksaan dan pembunuhan nakes ini, PGI berharap pihak berwajib dapat segera mengungkapkan kasus tersebut dan menindak tegas para pelaku sesuai hukum yang berlaku.

(Philip S.)



Leave a Reply