Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Persiapan PGI dan Panitia Paskah Nasional 2022 di Talaud




Talaud, eBahana.com Guna melihat secara langsung sekaligus melakukan pertemuan dengan panitia lokal, MPH-PGI bersama Panitia Paskah Nasional 2022 melakukan kunjungan selama empat hari (11-14/3) kemarin ke Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. MPH-PGI yang terdiri dari Pdt. Gomar Gultom (Ketua Umum), dan Pdt. Krise Anki Gosal (Wasekum), bersama Jemmy Mokolensang, SH (Sekum Panitia Paskah Nasional 2022), tiba di Bandara Mekonguane, Talaud, pada Jumat (11/3). Rombongan dijemput oleh Pemda Talaud serta Panitia Lokal. Usai sarapan pagi makan siang bersama Bupati dan Wakil Bupati Talaud, mereka langsung menuju lokasi tempat penyelenggaraan Paskah Nasional 2022 di sekitar sekitar Patung Monumen Yesus Memberkati dan di lokasi sekitar Rumah Dinas Bupati Talaud.

Usai meninjau lokasi, pada sore sampai malam hari, dilaksanakan rapat bersama dengan Pemerintah Daerah, Bupati, Sekda dan  jajaran pemda Talaud, Forkopimda (Kapolres,  Dandim,  Ketua Pengadilan) dan panitia lokal bersama Event Orginizer (EO). Rapat tersebut membahas persiapan Paskah Nasional di Kabupaten Talaud,  terutama terkait agenda kegiatan yang berkaitan dengan rencana kehadiran Presiden RI Joko Widodo, baik dari segi rundown acara maupun aspek keamanan, kenyamanan, dan lainnya. Rapat berlanjut pada Minggu (13/3) di Wanala T2.

Sejumlah catatan penting yang menjadi kesimpulan dari rapat tersebut antara lain, penyelenggaraan Paskah 2022 di Kabupaten Talaud diusulkan oleh Pemda Talaud (Bupati)  dilaksanakan pada  minggu ke-2 Mei, yaitu sekitar tanggal 17 Mei 2022. Kemudian, launching Paskah diusulkan tanggal 1 April 2022. Baik waktu kegiatan Paskah dan launching Paskah masih harus dikonsultasikan dgn Gubernur Sulut dan Ketua umum paskah nasional serta pihak Istana, karena akan menghadirkan Presiden RI Joko Widodo pada acara Puncak yaitu pada Ibadah Agung dan Perayaan Paskah Nasional tanggal 17 Mei 2022.

Sesudah launching Paskah yang rencana akan diadakan tanggal 1 April 2022 di Pulau Miangas, maka akan dilanjutkan dengan Pawai Paskah (Jalan Salib), lomba lampion dan ornamen Paskah. Kemudian juga akan diadakan seminar atau simposium dengan tema: “Paskah dan Semangat Kebangsaan (Nasiolisme)  di Perbatasan” dengan nara sumber antara lain Menkumham RI Prof. Yasona Laoli,  Menag RI Yaqut Cholil Qoumas,  Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan, Gubernur, Ketum PGI, dan lainnya. Seminar direncanakan akan diadakan seminggu sebelum Ibadah Paskah Nasional.

Bupati Talaud Dr. Elly Engelbert Lasut,  M. E akan mempresentasikan kesiapan Kabupaten Talaud sebagai tuan dan nyonya rumah bersamaa Ketum Panitia Paskah Nasional 2022, dan didampingi oleh Ketum atau Sekum PGI, Menteri Agama, Menkumham, Menko Marinves langsung bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka. Selanjutnya, untuk melakukan pertemuan dengan pimpinan Sinode Am Gereja-Gereja Sulutteng, Uskup dan Gubernur Sulut, maka ditugaskan Ketua Panitia lokal bersama Wasekum PGI Pdt. Krisye dan Jemmy Mokolensang. Juga menghubungi pimpinan gereja-gereja di Sulut tersebut.

Agenda MPH-PGI, Panitia Paskah Nasional 2022, bersama Ketua Panitia Lokal, Selasa (15/3) kemarin, bertemu dengan Uskup Manado Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu,  M. S. C, juga beberapa pimpinan gereja di Sulawesi Utara, dalam rangka sosialisasi kegiatan Paskah Nasional 2022 di Talaud. Sebelumnya juga telah dilakukan pertemuan dengan Pengurus Sinode Am Gereja-Gereja se Sulutteng-Go,  Pdt. Dina Werat,  M. Th (Ketua MPH SAG Sulutteng),  Pdt.Fritsia Aling,  S. Th (Sekretaris) dan Pdt. Fanny Wurangian, Bendahara SAG. Mereka diminta membantu Panitia Paskah Nasional untuk mengkoordinir ketua-ketua sinode se Sulawesi Utara dan Tengah serta Gorontalo dalam rangka kesuksesan Paskah Nasional 2022 di Talaud.

Pada minggu berikutnya, Bupati Talaud Dr. Elly Engelbert Lasut,  rencana akan ke Jakarta dan akan bersama-sama dengan Ketua Panitia Paskah Nasional 2022, Jan Marinka bersama Ketum PGI, bertemu  dengan Menteri Agama dan  Menko Marinves, untuk membicarakan kegiatan ini. Di sela-sela kunjungan langsung itu, Ketum PGI Pdt. Gomar Gultom dan Wasekum PGI Pdt. Krise Gosal,  berkesempatan melayani ibadah pada hari Minggu (13/3), memimpin ibadah di beberapa jemaat yang ada di Gereja Masehi Injili Talaud (GERMITA), dan sekaligus melakukan sosialisasi kegiatan Paskah Nasional 2022.

(Arnold Abbas)



Leave a Reply