Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Perayaan Natal Kristus Angkatan Muda GPM Pulau Ambon




Ambon, eBahana.com – Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Daerah Pulau Ambon merayakan Natal Kristus yang bertempat di Gedung Gereja Syalom, Jemaat GPM Waimahu Latulahat, Sabtu (04/12) kemarin, di bawah sorotan tema ‘Merayakan Natal dengan rendah hati dan setia (Matius 1:18-25)’. Pelayan Firman Pdt. Rinto Muskitta, M.Th. yang juga Sekretaris Majelis Pekerja Klasis Pulau Ambon, dalam refleksi Natal mengungkapkan Natal ini adalah sebuah peristiwa cinta kasih Tuhan. Natal adalah penggenapan janji Tuhan, sebagaimana yang dikutip dalam kitab Matius 1;18-25, yang mengkontekskan Matius dengan pemuda saat ini.

Pemuda Setia dalam Bersaksi dan Melayani

Menurut Rinto, jika kedapatan ada masalah, masalah tidak akan selesai kalau manusia hanya mendiamkannya. Sebaliknya jika ada masalah, mari  kita berani menghadapi masalah  itu,   Kita harus mencari jalan keluar, agar masalah itu bisa terselesaikan dengan segera sampai tuntas  ‘’ Saya mau bilang untuk semua pemuda yang hadir saat ini, sebagai  generasi muda,  mari kita satukan mimpi – mimpi kita  dengan rancangan yang dari  Tuhan,  karena dengan begitu ,  itu akan menjadikan diri kita berguna bagi dunia dan gereja,’’imbuhnya.

Muskitta mencontohkan, tokoh Yusuf dalam Alkitab, di mana ada hal-hal yang dapat kita pelajari dari tokoh Yusuf dengan  mengingat identitas kita, siapa diri kita sebenarnya, dan apa yang harus dikerjakan. “Kalau kita menyebut AMGPM dengan mottonya ‘Kamu adalah garam dan terang dunia, terhadap hal ini, yang menjadi pertanyaan bagi semua pemuda, apa fungsi kita selama ini sudah dapat dinyatakan dalam kehidupan kita? Apakah itu sudah dilakukan dalam hidup keseharian kita?  Semua pertanyaan tadi, hendaknya dijawab oleh masing-masing kita. Seperti yang kita ketahui, fungsi kita sebagai Garam dan Terang dunia adalah menyatakan setiap fungsi-fungsi kita bisa memuliakan Bapa di Sorga,’’ papar Muskitta.

Sementara itu,  Ketua AMGPM DAPUA, Rudi Rehatta, SE, M.Si, kepada aBahana.com, usai ibadah perayaan Natal, mengatakan kalau Natal diselenggarakan dengan tujuan agar segenap potensi Angkatan Muda GPM Pulau Ambon , dapat merayakan Natal dengan bersyukur, rendah hati dan setia, walaupun suasana masih dalam masa pandemi covid-19. Angkatan Muda Gereja didorong dengan berbagai kegiatan pembinaan sehingga muncul para kader yang dapat menguatkan organisasi Angkatan muda itu sendiri.

“Angkatan Muda GPM adalah wadah tunggal pembinaan Pemuda GPM di mana memiliki peran strategis dalam mendorong penguatan kapasitas pemuda gereja. AMGPM  adalah organisasi kepemudaan Gereja. Karenanya sebagai organisasi kader, kita dituntut untuk selalu menempatkan anggotanya sebagai kekuatan organisasi yang harus terus diberdayakan secara konsisten dan berkelanjutan, ” tegasnya.

Rehatta menambahkan,  kalau sebagai  bagian integral dari GPM, tentu Angkatan Muda memiliki kewajiban untuk melaksanakan tugas-tugas gereja, baik itu tugas yang berkaitan dengan manajemen organisasi mapun tugas-tugas  yang berkaitan langsung dengan pelayanan, dengan tetap merendah hati. “Saya berharap semua potensi Angkatan Muda Daerah Pulau Ambon tetap merendahkan diri dan tetap setia dalam melakukan tugas dan tanggung jawab  pelayanan bersaksi dan melayani untuk kemuliaan nama Bapa di sorga,” imbuh Rehatta.

Hadir dalam acara itu, peserta yang berjumlah kurang lebih 500 orang, dan para undangan yang terdiri dari Pengurus Besar AMGPM, Plt Sekretaris Kota Ambon, Ir. R. Purmiasa, OKP dari dua komunitas  Kristen dan Muslim serta keluarga besar AM GPM dapua.

(Joanny.F.M.Pesulima)

 



Leave a Reply