Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Kemeriahan Jubileum 50 Tahun HKBP Pulomas




Jakarta, eBahana.com – Pada Minggu (7/10) kemarin, HKBP Pulomas merayakan Jubileum ke-50 tahun. Kepala Departemen Koinonia HKBP Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melayankan khotbah dalam perayaan ini.

Rangkaian acara dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan prosesi, pelepasan burung merpati sebanyak 5 pasang, 50 balon doorprize, penandatanganan prasasti oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP dan pendeta resort, ibadah minggu, makan siang bersama, sambutan-sambutan, menari Tortor, pemotongan kue ulang tahun, dan acara hiburan lainnya hingga berakhir pada pukul 16.25 WIB. Warga jemaat yang hadir di gedung dan pelataran gereja dibatasi sekitar 200 orang saja dengan menerapkan protokol kesehatan. Sementara jemaat lainnya diminta mengikuti ibadah dan perayaan dari saluran live streaming youtube.

Pulomas atau Pulau Mas terletak di bagian Timur Jakarta. Sebelum jalan Jakarta By Pass dibangun, ada sebuah bukit kecil yang hampir dikelilingi rawa-rawa dan sawah. Bukit kecil ini menyerupai sebuah pulau. Tanah dari bukit inilah yang diambil untuk menguruk bakal jalan yang memanjang dari Tanjung Priok ke arah Cililitan (dari utara ke selatan). Tanahnya berwarna merah dan dihargai setiap kubikasi untuk tanah urugan. Tanah itu menjadi sangat berharga dan pulau kecil itu dinamai Pulo Mas.

Ketika rumah-rumah di daerah Pasar Senen dibongkar pemerintah untuk dijadikan pertokoan modern, penghuni-penghuni yang rumahnya dibongkar dianjurkan membeli tanah perumahan di kavling Pulo Mas. Sehingga pada tahun 1970, hampir semua kavling di Pulo Mas telah habis terjual. Bagian yang masih tertinggal dan belum terjamah adalah lapangan bekas bukit yang sudah rata dan rawa-rawa yang sebagian sudah mulai dibuat sawah. Di sanalah banyak orang Batak bermukim dan salah satu kavelingnya terdapat lokasi gereja HKBP Pulomas ini. Oleh karena itu, satu-satunya HKBP di Indonesia, di luar tanah Batak yang jemaatnya hampir semuanya berada di sekitar gedung gereja adalah HKBP Pulomas.

Acara Ibadah Minggu pertama kali diadakan di rumah marga Manurung, seorang Sarjana Hukum. Rumah kediaman Pak Manurung menjadi parmingguan sebelum huria. Ibadah pertama sekali dipimpin Pdt. A.H. Silitonga dan St. J. Simanjuntak pada tanggal 15 Mei 1971. Tanggal inilah kemudian dimaknai sebagai hari berdirinya HKBP Pulomas, yang pada tahun 2021 ini genap berusia 50 tahun. Seyogyanya perayaan Jubileum ke-50 dirayakan pada 15 Mei 2021. Tetapi karena proses pergantian pendeta resort, kepanitiaan baru bisa dibentuk pada bulan April 2021. Sehingga tidak lagi memungkinkan merayakannya pada bulai Mei tersebut.

Panitia yang diketuai Bapak L.H. Sipahutar, dalam rapat pertama menyepakati tanggal perayaannya pada 29 September 2021. Namun karena situasi pandemi Covid-19 masih sangat tinggi di Jakarta, jadwal perayaan pun kembali diundur menjadi tanggal 7 Nopember 2021 yang dipimpin oleh Pimpinan HKBP, Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Sebagai informasi, jumlah jemaat HKBP Pulomas saat ini sekitar 400-an KK yang dilayani Pdt. Henry Jufri Manalu, S.Th., sebagai pendeta resort, Bvr. Melda Junita Sinaga, dan 16 sintua (4 orang diantaranya adalah perempuan).

(DK-NXC)



Leave a Reply