Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Daya Tahan Kebohongan

Bacaan: Matius 28 : 11-15

Nats: Dan ceritera ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini. (Matius 28:15b)

 

Sumber: pixabay.com

Monster Loch Ness menjadi makhluk mitos terkenal sejak 1934. Pada tahun itu sebuah foto yang dipercaya sebagai monster muncul dari danau Loch Ness, dekat Inverness, Skotlandia. Setelah itu, banyak orang berdatangan ke danau itu, baik sebagai wisatawan atau peneliti. Tetapi pada 1994, kebenaran terungkap bahwa foto terkenal itu adalah hoax. Seseorang mengaku sengaja merangkai kapal selam mainan dengan boneka dinosaurus dan ia meletakkannya di permukaan danau lalu memotretnya. Berita bohong itu bertahan selama 60 tahun.

Ribuan tahun lalu, tepatnya setelah Yesus mati, maka sejumlah orang mengarang cerita tentang kebangkitanNYA. Para pemimpin agama Yahudi menyusun kisah yang seolah-olah nyata. “kisah nyata” itu menyatakan bahwa murid-murid Yesus telah mencuri mayatNYA saat para penjaga kubur sedang terlelap tidur. Tentu saja berita bohong itu tidak gratis. Mahkamah Agama Yahudi harus merogoh kocek sebagai uang tutup mulut bagi sejumlah penjaga kubur itu. Hasilnya, berita bohong alias hoax tentang kebangkitan Yesus masih tersebar sampai sekarang bagi sebagian orang (Matius 28: 15b).

Kebohongan menjadi kebenaran jika ada pihak tertentu yang terus-menerus mengulangnya. Dengan dukungan tehnologi informasi terkini kebohongan semakin cepat tersebar luas. Ditambah lagi, sebagian penerima kabar enggan melakukan cross check. Prinsip itu juga perlu diterapkan oleh mereka pengusung nilai-nilai kebenaran. Mereka harus melakukan berulang-ulang dengan memanfaatkan kemajuan tehnologi. (yem)