Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Liburan Natal dengan Nuansa Keberagaman di Malaysia




Kalender memperlihatkan akan ada long weekend saat natal juga saat tahun baru. Waktu yang pas untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.Bagi anda yang belum merencanakan aktivitas apapun saat libur natal, cobalah beranjak dari tempat anda tinggal.

Suasana natal yang berbeda, di luar negeri tanpa harus meninggalkan Indonesia berminggu-minggu, bukanlah hal yang tidak mungkin dirasakan. Malaysia bisa menjadi pilihan! Aksesnya mudah dan dekat dari berbagai wilayah Indonesia. Berlibur di tengah keberagaman yang dimiliki Malaysia, tentu akan menjadi pengalaman unik. Momen tersebut juga dapat menjadi sarana memaknai Natal yang memberikan damai bagi semua orang. Berikut ini aktivitas yang dapat dilakukan selama libur Natal di Malaysia.

 

  1. Ibadah 3 bahasa

Gereja St Anthony Kuala Lumpur yang rutin mengadakan misa tiga bahasa/ dok. Pribadi

Beberapa gereja Katholik di Kuala Lumpur, seperti Gereja St. Anthony dan Gereja Our Lady of Fatima rutin mengadakan misa tiga bahasa. Bahasa India, Melayu dan Inggris diterapkan, sesuai dengan dominansi masyarakat yang ada. Uniknya, ketiga bahasa ini benar-benar digunakan dalam satu rangkaian ritus secara bergantian.

 

  1. Majlis Rumah Terbuka

Majlis Rumah Terbuka di Bandar Hilir 2017, dihadiri wakil Perdana Menteri dan istri/ dok. Bharian.com.my

Dalam bahasa Melayu, event open house disebut dengan Majlis Rumah Terbuka. Sebagai bentuk toleransi, pemerintah Malaysia rutin mengadakan open house Natal setiap tahunnya. Majlis rumah terbuka diadakan di berbagai daerah, untuk skala nasional diadakan di Bandar Hilir, Malaka. Event ini dibuka resmi oleh wakil Perdana Menteri dan dihadiri berbagai lapisan masyarakat, dengan berbagai latar belakang suku, agama, ras dan budaya.

 

  1. Bazar Natal Komunitas Warga Asing

Bazar Natal komunitas wanita Prancis di Kuala Lumpur/ dok. star2.com

Bazar Natal untuk penggalangan dana kemanusiaan, menjadi agenda tetap komunitas warga asing di Kuala Lumpur. Beberapa di antaranya adalah German Speaking Society, Association of British Women in Malaysia, French Women Community dan The American Association of Malaysia. Kegiatan ini biasa dilakukan di Renaissance Hotel dan di sekitar Jalan Ampang Kuala Lumpur. Mereka menjual pernak pernik natal, pakaian, aksesoris, buku, juga makanan khas dari negara asal. Keuntungan seluruh penjualan disalurkan kepada masyarakat Malaysia yang kurang mampu. Sangat menyenangkan bukan bisa membaur dengan warga negara lain sekaligus berbagi sedekah?

 

  1. Drama Musikal Natal

Drama Musikal Natal di Mutiara Damansara/ dok. ecurve

Yang tak kalah menyenangkan saat libur Natal di Malaysia adalah pentas seni live . Kota besar seperti Kuala Lumpur tak pernah absen memanjakan turis dengan drama musikal hingga konser natal. Artis papan atas Malaysia dihadirkan untuk membuat kesan pentas yang berkelas. Asyiknya lagi, keriuhan pesta ini bisa dinikmati tanpa menguras kantong pelacong.

 

  1. Perayaan natal di pusat perbelanjaan.

Dekorasi Natal 2018 di Pavilion/ dok. Thestar.com.my

Saat Natal, Bukit Bintang bukan hanya surga bagi para pecinta belanja. Bukit Bintang disulap menjadi kawasan hiburan menyenangkan bagi keluarga. Salah satu pusat perbelanjaan terkenal, Pavilion selalu menghadirkan gemerlapnya Natal dengan dekorasi yang menakjubkan. Pengunjung bebas untuk mengabadikan momen natal bersama keluarga dengan berlatar pohon natal raksasa. Setiap pengunjung juga diundang untuk mengikuti kuis Natal berhadiah. Tanpa perlu berbelanja, anak-anak yang memasuki Paviliun bisa mendapat bingkisan kecil yang menarik.



Leave a Reply