Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Pembekalan Calon Mahasiswa Baru STT Pelita Dunia

Written by Pdt. Adi Putra

 

Pembekalan Calon Mahasiswa Baru STT Pelita Dunia: Belajar Kepada Gaya Hidup Jemaat Mula-Mula (Kis. 2:41-47)

 

Pada hari kelima, pembekalan calon mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia, Pdt. Adi Putra menyampaikan Firman Tuhan tentang Kehidupan Jemaat Mula-mula kepada setiap calon mahasiswa. Berdasarkan konteks Kisah Para Rasul 2:1-47 maka jemaat mula-mula lahir dari khotbah Petrus pasca-hari Pentakosta.

Apa yang dikhotbahkah Petrus? Petrus mengkhotbahkan tentang Yesus – khususnya Yesus yang telah dibangkitkan dan telah menang atas maut. Kemudian berita itu diterima dengan sukacita oleh mereka. sehingga mereka memberi diri dibaptis.

Lalu bagaimana cara hidup mereka?

  1. Mereka bertekun dalam pengajaran rasuli

Ajaran rasuli adalah ajaran tentang Yesus yang telah bangkit. Atau ajaran tentang Injil. Untuk konteks hari ini berarti ini tentang ajaran Alkitab. Dengan mempelajari Alkitab dengan tekun maka semakin hari hidup kita akan diubahkan dan perbarui oleh Tuhan.

  1. Mereka bersekutu

Jemaat mula-mula sadar bahwa mereka sedang dalam situasi yang tidak nyaman. Karena hidup sebagai pengikut Kristus pada zaman itu akan selalu dicari untuk dibunuh. Itulah sebabnya mereka tekun bersekutu. Karena melalui persekutuan mereka dapat saling menguatkan, saling mendoakan dan saling memotivasi satu dengan yang lain.

  1. Mereka memecahkan roti

Memecahkan roti memang mengacu kepada perjamuan kudus. Tapi dalam ayat 46, memecahkan roti dapat juga berarti saling berbagi satu dengan yang lain atau melakukan perjamuan kasih. Supaya jemaat yang mengalami kekurangan juga turut dapat merasakan kemurahan Tuhan.

  1. Mereka berdoa

Berdoa harusnya menjadi gaya hidup kita. Atau berdoa harusnya menjadi hobby baru kita. Mengapa? Karena Kristus pun juga berdoa. Sehingga sebagai pengikut Kristus kita pun diwajibkan melakukan hal yang sama.

  1. Mereka memuji Tuhan

Orang Kristen sudah memiliki sukacita dalam hidupnya, sehingga memuji Tuhan adalah tanda atau bukti dari kehadiran sukacita itu.

  1. Mereka memberitakan Injil

Memberitakan Injil adalah aktivitas yang dilakukan jemaat mula-mula, sehingga jumlah mereka ditambahkan Tuhan. Demikian pul kita hari ini, marilah kita giat memberitakan Injil.

Kiranya ini dapat menjadi berkat dan mengubah hidup kita menjadi orang Kristen yang memuliakan Tuhan. AP

Leave a Reply