Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

UKSW Dukung Salatiga Bebas Sampah




Salatiga, eBahana

Sedikitnya 1.000 mahasiswa baru (maba) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) bergabung dalam kegiatan World Cleanup Day (WCD) atau Hari Pungut Sampah Sedunia tingkat Kota Salatiga 2019, Sabtu (21/09/19). Kegiatan hasil kerjasama panitia Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) UKSW dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Salatiga tersebut dibuka dengan apel pagi di lapangan Sepakbola UKSW.

Disampaikan Kepala DLH Kota Salatiga Drs. Prasetyo Ichtiarto, M.Si., ini merupakan kali kedua Salatiga menggelar WCD setelah diinisiasi pada tahun 2018 lalu. Indonesia sebagai negara produsen sampah terbesar kedua di dunia secara sadar menjadi salah satu peserta dari gerakan masal ini.

Lebih lanjut Prasetyo mengatakan dukungan masyarakat sangat dibutuhkan dalam program ini. Selama ini telah ada 60 bank  sampah di Salatiga untuk mendaur ulang, manfaatkan, dan mengurangi timbunan sampah. Jika seluruh masyarakat memiliki kesadaran pribadi untuk menjaga lingkungan bebas dari sampah maka targetnya tahun 2025 Salatiga akan bebas sampah.

Sementara itu Rektor UKSW, Neil Semuel Rupidara, S.E., M.Sc., Ph.D., menyebut sampah yang selama ini menjadi permasalahan lingkungan di Salatiga khususnya merupakan konsekuensi atas pertumbuhan masyarakat dari segi kuantitas, ekonomi hingga konsumsi. Rektor yang hadir didampingi oleh Pembantu Rektor III Dr. Andeka Rocky Tanaamah, S.E., M.Cs., serta ketua OMB Michael Bezaleel Wenas, S.Kom., M.Cs., mengatakan diperlukan pengembangan manajemen sistem pengelolaan sampah.

Selain seribu maba dan pimpinan UKSW, apel dalam rangka pelepasan peserta WCD turut dihadiri oleh Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono serta lebih kurang 500 orang peserta lain terdiri dari unsur TNI, POLRI, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Salatiga, pelajar dari beberapa sekolah, mahasiswa perguruan tinggi di Kota Salatiga, komunitas peduli sampah, serta pegiat bank sampah se Kota Salatiga.

Bersihkan 3 Titik

Koordinator kegiatan Pengabdian Masyarakat OMB UKSW Giner Maslebu, S.Pd., S.Si., M.Si., menjelaskan seribu mahasiswa UKSW mendukung gelaran WCD kota Salatiga dengan melakukan pemungutan sampah di tiga titik yakni daerah aliran sungai/selokan samping Hotel Palapa sampai Hotel Maya Jalan Kartini, daerah aliran sungai/selokan Jalan Adi Sucipto hingga GOR Kridanggo, serta disepanjang jalan Jenderal Sudirman.

Peserta dibekali dengan sarung tangan untuk memungut sekaligus memilah sampah berdasar tiga kategori yaitu sampah organik, anorganik dan puntung rokok. Sejumlah maba juga bergabung dengan tim Satpol PP untuk melakukan pembersihan reklame liar, pencabutan paku dan pembersihan benalu di pohon.

Novita Dian Utama, salah satu pegiat WCD Kota Salatiga 2019 menyampaikan hingga berakhirnya acara tercatat telah terkumpul sebanyak 57 kilogram sampah organik dan 356 kilogram sampah anorganik yang selanjutnya akan dikelola oleh tim bank sampah kota Salatiga.

Ditemui usai acara, Prihati Ningsih sukarelawan bank sampah mengapresiasi ribuan maba UKSW yang bergabung dalam acara ini. Menurutnya kegiatan ini dapat mendorong maba yang akan tinggal di kota Salatiga untuk turut peduli terhadap lingkungan.

Sumber : http://uksw.ac.id



Leave a Reply