Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

UKDW Jalankan Program Magang dan Studi Independen Microsoft




Yogyakarta, eBahana.com – Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan bagian implementasi dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI. Program ini bertujuan memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui pembelajaran di kelas yang dirancang dan dibuat khusus berdasarkan tantangan nyata yang dihadapi industri, sehingga mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman terkait dunia profesi dan bisa bekerja secara profesional.

Program studi (Prodi) Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta berkomitmen terus meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan terhadap mahasiswa. Diharapkan mahasiswa dapat memahami sistem kerja yang profesional pada industri yang sebenarnya dengan berpartisipasi dalam program magang dan studi independen itu. Dua dosen Prodi Sistem Infomasi UKDW yang terpilih sebagai mentor dalam Program Magang dan Studi Independen adalah Erick Kurniawan, S.Kom, M.Kom. sebagai mentor di track Cloud Fundamental dan Argo Wibowo, S.T., M.T. sebagai mentor di track Microsoft Productivity.

Erick Kurniawan, S.Kom.m M.Kom. menjelaskan Microsoft sebagai rekan industri, bekerja sama dengan Kemendikbud Ristek RI dalam penyelenggaraan program ini. Sedangkan, mahasiswa yang mengikuti program magang dan studi independen, nantinya akan mendapatkan pendampingan atau kegiatan mentoring selama empat bulan dan ditargetkan mendapat satu sertifikasi internasional setiap bulannya. Sementara itu, materi yang diajarkan, dirancang dan disesuaikan dengan tantangan serta kebutuhan industri saat ini.

Program magang dan studi independent microsoft menawarkan tiga track yaitu cloud fundamental yang meliputi jalur cloud fundamental: dasar-dasar azure, bersertifikat microsoft; dasar-dasar keamanan, kepatuhan, dan identitas, dasar-dasar platform daya; microsoft azure adminstrator. Kemudian data and artifical intelligence (azure AI fundamental: memvalidasi pengetahuan dasar tentang pembelajaran mesin dan konsep kecerdasan buatan serta layanan microsoft azure terkait.). Serta microsoft productivity (tempat kerja modern: modul pembelajaran individu di tempat kerja modern microsoft).

“Kegiatan berlangsung mulai bulan September sampai Desember 2021. Program ini memberi keuntungan kepada kita sehingga dapat berkolaborasi dan mendapatkan materi langsung dari industri. Selain itu, peserta program akan mendapat uang saku dan difasilitasi gratis dalam mengambil sertifikasi internasional. Kalau mengambil ujian sendiri per sertifikat biayanya bisa mencapat 1,5 juta rupiah. Namun jika mengikuti program ini semua biaya ditanggung oleh Microsoft untuk pengambilan 4 sertifikat,” jelasnya pada Kamis (2/9) kemarin.

Keren Kezia, salah satu mahasiswa Prodi Sistem Infomasi Angkatan 2018 mengaku sangat bersemangat karena berhasil terpilih sebagai asisten mentor dalam program ini. Ia mengaku, awal mendaftar program untuk mengisi waktu luang agar tetap produktif. “Ini adalah kesempatan yang besar buat saya untuk berkembang,  mengasah soft skills dan hard skills. Program ini sangat bermanfaat dalam memberi pengalaman berkomunikasi, administrasi, dan bekerja sama dengan tim. Saya belajar dinamika bersama teman di luar kampus yang berbeda angkatan maupun berbeda prodi sehingga menambah pengalaman dan menjadi bekal ketika nanti lulus dan mencari pekerjaan,” tutur mahasiswa yang berasal dari Makassar ini.

 



Leave a Reply