Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

PKUB-PGI : Bersama Intensifkan Dialog Lintas Agama




Jakarta, eBahana.com – Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) H. Nifasri beserta jajarannya, melakukan dialog dengan MPH-PGI seputar kerukunan umat beragama serta peran lembaga-lembaga keagamaan, di Grha Oikoumene, Jakarta, Senin (20/07/2020).

Pada kesempatan itu, Nifasri mengungkapkan masih banyak permasalahan terkait kerukunan yang belum terselesaikan di sejumlah daerah, seperti di Bogor, Tanjungbalai Karimun, Cilengsi, Lampung, dan Semarang. Sebab itu, PKUB merasa perlu membangun kerjasama dengan PGI menyikapi persoalan kerukunan ini.

Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom menyampaikan apresiasi atas kunjungan ini. Menurutnya, persoalan yang sering ditemui dalam hubungan antar umat beragama lebih banyak terkait pendirian rumah ibadah, dan kuncinya terletak di kepala daerah.

Pdt. Gomar juga menekankan pentingnya dialog praktis. Dalam artian kerjasama antar umat tidak hanya dalam membangun rumah ibadah.

Sebelumnya, Sekretaris Umum PGI Pdt. Jacklevyn Fritz Manuputty juga menyambut ajakan kerjasama dari PKUB. Karena menurutnya tantangan hari ini dan ke depan masih membutuhkan penguatan dan soliditas dalam proses-proses bersama.

Menanggapi masukan yang disampaikan MPH-PGI, Nifasri juga melihat bahwa konflik yang terjadi memang dikarenakan kurangnya dialog.

Sebab itu, ke depan menurut Nifasri, kita perlu mengintensifkan dialog-dialog lintas agama agar masyarakat yang ingin mendirikan rumah ibadah tidak terganggu. MS

Sumber: http://pgi.or.id



Leave a Reply