Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Kolaborasi Gereja Selamatkan Hutan Tropis Indonesia




Pdt. Jimmy Sormin (kanan ujung), sebagai co-chair Presidium IRI Indonesia, saat memimpin proses penyusunan renstra IRI 3 tahun ke depan.

Bali, eBahana.com Dalam rangka mempersiapkan kerangka rencana strategis bagi upaya perlindungan hutan hujan tropis tiga tahun ke depan, Interfaith for Rainforest Initiative-Indonesia (IRI Indonesia) melaksanakan lokakarya selama tiga hari berturut-turut (21-26/3) di Tamblingan, Bali. Lokakarya diikuti oleh perwakilan beberapa majelis/lembaga keagamaan, organisasi masyarakat adat, akademisi, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) untuk isu lingkungan hidup. Selain menghasilkan rencana strategis tiga tahun ke depan, melalui kegiatan ini juga diharapkan antara lain adanya mandat dan komitmen yang diperbaharui untuk melakukan aksi oleh semua mitra IRI Indonesia. Pdt. Jimmy Sormin hadir dalam pertemuan ini mewakili PGI, sekaligus sebagai Chair dari forum ini.

Interfaith Rainforest Initiative (IRI) adalah aliansi multi-agama internasional yang bertujuan untuk membawa urgensi moral dan sumber daya spiritual ke upaya global untuk mengakhiri deforestasi tropis. Ini adalah platform bagi para pemimpin dan komunitas berbasis agama untuk bekerja bergandengan tangan dengan masyarakat adat, pemerintah, masyarakat sipil dan pelaku bisnis pada tindakan yang melindungi hutan hujan dan melindungi mereka yang berfungsi sebagai penjaga mereka.

Bersama-sama, agama dan keyakinan dapat membantu mengakhiri deforestasi tropis. Sumber daya spiritual, bimbingan moral dan otoritas, dan pengaruh yang tak tertandingi dari para pemimpin agama dan komunitas keyakinan di dunia sangat dibutuhkan untuk melindungi hutan hujan yang tersisa di planet ini. Sekarang adalah waktu untuk menegaskan bahwa hutan hujan adalah aspek suci penciptaan dan untuk memobilisasi dukungan seluas mungkin untuk perlindungan mereka.Momentum untuk melindungi hutan tropis semakin bertumbuh, tetapi lebih banyak upaya masih diperlukan. Koalisi luas antara pemerintah, bisnis, masyarakat adat, ilmu pengetahuan, LSM dan mitra masyarakat sipil bekerja untuk menghentikan deforestasi. Namun, untuk mencapai kecepatan dan skala perubahan yang diperlukan, ada kebutuhan untuk membawa dimensi moral, etika dan spiritual umat manusia untuk turut mendukung lebih kuat pada upaya ini.

Interfaith Rainforest Initiative diluncurkan di Pusat Perdamaian Nobel di Oslo, Norwegia pada 19 Juni 2017. Peluncuran ini diikuti oleh pertemuan perencanaan dua hari yang dihadiri oleh para pemimpin agama Kristen, Muslim, Yahudi, Budha, Hindu dan Tao dan perwakilan masyarakat adat dari Brasil, Kolombia, Republik Demokratik Kongo, Indonesia, Meso-Amerika dan Peru.

Di tingkat nasional, IRI telah meluncurkan program tingkat negara di Brasil, Kolombia, Republik Demokratik Kongo, Indonesia, dan Peru – negara-negara yang secara kolektif memiliki 70% dari hutan tropis yang tersisa di dunia. Program-program negara ini menyatukan pengaruh, jangkauan, dan komitmen organisasi berbasis keyakinan dan pemimpin agama yang paling terkemuka dan mapan di negara ini. Setiap program tingkat negara diselenggarakan oleh organisasi lintas agama nasional, yang difasilitasi dan dikoordinir oleh seorang fasilitator dan diarahkan oleh Dewan Penasihat dengan perwakilan organisasi berbasis agama terkemuka, kelompok masyarakat adat nasional, PBB, LSM, ilmuwan dalam bidang iklim, dan ahli hutan hujan. Program tingkat negara bertugas membangun jaringan untuk membentuk koalisi aksi di daerah-daerah di negara di mana hutan hujan menghadapi ancaman terbesar.

Penjangkauan publik dan peningkatan kesadaran pada isu-isu hutan hujan utama adalah fokus utama kedua, termasuk lokakarya untuk para pemimpin agama dan komunitas agama tentang isu-isu hutan hujan kunci. Program tingkat negara juga bekerja untuk mempengaruhi kebijakan hutan dan adat di tingkat lokal, subnasional, dan nasional, dan untuk mengadvokasi dengan perusahaan yang diinvestasikan dalam deforestasi melalui penebangan, pertanian industri, pertambangan, produksi minyak, atau industri ekstraktif lainnya.

IRI Indonesia secara resmi diluncurkan dari 30-31 Januari 2020, di mana lebih dari 250 pemimpin agama berkumpul bersama dengan masyarakat adat, LSM, ilmuwan, pemimpin pemerintah dan PBB di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta untuk membuat komitmen bersejarah untuk melindungi hutan hujan tropis terbesar ketiga di planet ini. Selain dari PGI, Peluncuran ini mendapat dukungan kuat dari majelis/lembaga lain seperti Majelis Ulama Indonesia, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabuddhi), Majelis Tinggi Konghucu Indonesia (MATAKIN), serta Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN).

Fase pertama IRI Indonesia telah behasil dilaksanakan dan memberikan dasar yang kuat untuk membangun dan bergerak maju. Program ini dipandu oleh Dewan Penasihat multi-agama dan lintas sektor yang membawa kepemimpinan para pemimpin agama paling berpengaruh di negara itu dan organisasi berbasis agama ke agenda hutan.

IRI Indonesia telah menerbitkan panduan pengajaran agama tentang perlindungan hutan hujan untuk beberapa agama di negara ini, yang sedang diarusutamakan ke dalam kurikulum pengajaran di seluruh Indonesia; mengkonsolidasi pemimpin agama di beberapa provinsi prioritas perlindungan hutan tropis– untuk menjadi pendukung perlindungan hutan; terlibat dalam advokasi langsung dengan berbagai Kementerian yang menyerukan perlindungan hutan, membela hak-hak masyarakat adat, dan keadilan iklim; mempertimbangkan kebijakan dan undang-undang nasional yang berdampak pada hutan, seperti Omnibus Law dan UU Masyarakat Hutan; dan meluncurkan chapter provinsi (koalisi aksi) di Riau dan Kalimantan Timur, dengan peluncuran sebuah chapter di Papua Barat.

(markus)



Leave a Reply