Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

COVID-19 Tidak Hentikan Santa Klaus di Malam Natal




Preston Schlachter, petugas urusan publik untuk NORAD, bekerja dengan komputer laptop di salah satu ruang konferensi yang memiliki bank telepon yang disiapkan untuk para sukarelawan untuk melakukan panggilan di Pusat Operasi NORAD Tracks Santa di Pangkalan Angkatan Udara Peterson hari Rabu (22/12) di Colorado Springs, Colorado. Operasi pelacakan akan dibuka selama 20 jam pada malam Natal untuk membantu keberadaan Sinterklas. (Foto: AP/David Zalubowski)

Colorado, eBahana.com – “Yakinlah, anak-anak dari segala usia: Santa akan datang pada Malam Natal ini, dan liburan kedua ini yang dipengaruhi COVID-19 tidak akan menghentikannya.” Itulah kata dari operasi militer gabungan Amerika Serikat dan Kanada yang selama 66 tahun telah melakukan Jolly Old St. Nicholas dalam misi globalnya: pertama melalui jalur darat dan baru-baru ini dengan iPhone, Android, OnStar, Facebook, YouTube dan banyak saluran lagi, bahwa dia sedang dalam perjalanan dengan kereta luncur yang diisi dengan mainan dan kegembiraan di malam Natal.

Ini adalah tradisinya yang sangat populer, di mana Komando Pertahanan Luar Angkasa Amerika Utara  (North American Aerospace Defense Command / NORAD) yang berbasis di Colorado memberikan pembaruan informasi dalam waktu nyata tentang perjalanan Santa pada 24 Desember, dari jam 04:OO pagi hingga tengah malam waktu setempat. Santa Tracker NORAD memungkinkan keluarga menonton Father Christmas dalam 3D saat ia transit di Pasifik Selatan, Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika.

Dari dalam markas NORAD, lusinan sukarelawan mengirimkan gelombang panggilan telepon yang tak henti-hentinya ke 1-877-HI-NORAD (1-877-446-6723). Mereka dan sukarelawan lain yang bekerja di luar lokasi, karena protokol kesehatan untuk jaga jarak akan menjawab pertanyaan seperti “Kapan dia akan datang ke rumah saya? Jenis kue apa yang dia suka?” kata manajer program dan juru bicara NORAD, Preston Schlachter.

Jika Anda iIngin menonton? Kunjungi https://www.noradsanta.org, lihat #NORADTracksSanta dan @NoradSanta di Twitter, atau gunakan aplikasi terkait. Anda juga dapat mengirim email ke noradtrackssanta@outlook.com untuk informasi terbaru. Bahkan sebelum lepas landas pada hari Jumat, halaman web NORAD telah dikunjungi lebih dari tiga juta kali, kata Schlachter. “Setiap rumah tangga, setiap negara harus menghadapi dampak pandemi ini. Sinterklas adalah ikon, dan dia adalah sumber kegembiraan bagi banyak orang,” kata Schlachter.

Bagi mereka yang khawatir tentang keselamatan Santa, atau keselamatan mereka sendiri, pria berjanggut itu kemungkinan akan mengenakan masker di setiap pemberhentian, dan tentu saja dia mengenakan sarung tangan, kata Schlachter. Untuk yang cenderung ingin tahu secara teknis, situs web NORAD menawarkan lebih banyak data tentang perjalanan (juga berat hadiah saat lepas landas: 60.000 ton, atau 54.600 metrik ton; propulsi kereta luncur atau kekuatan rusa).

Seperti halnya kisah Natal yang bagus, asal usul program ini telah diceritakan dari generasi ke generasi. Pada tahun 1955, Kolonel Angkatan Udara, Harry Shoup, komandan yang bertugas suatu malam di pendahulu NORAD, Komando Pertahanan Udara Kontinental, menjawab telepon dari seorang anak yang memutar nomor yang salah cetak dalam iklan di surat kabar, mengira dia memanggil Santa.

Shoup “menjawab panggilan itu, mengira itu adalah lelucon pada awalnya, tetapi kemudian menyadari apa yang telah terjadi dan meyakinkan anak itu bahwa dia adalah Santa, dan dengan demikian memulai tradisi yang kita rayakan sekarang, 66 tahun kemudian,” kata Schlachter. Misi NORAD adalah untuk mengawasi langit di atas Amerika Utara untuk setiap potensi ancaman. Datang lebih awal pada Malam Natal, operasi Santa dimulai ketika sekelompok stasiun radar di Kanada utara dan Alaska menangkap tanda inframerah yang berasal dari hidung Rudolph. Susunan satelit geostasioner NORAD di atas Bumi memantau perjalanan tersebut.

Semuanya ditampilkan di layar tampilan “tidak terklasifikasi” yang besar di pos komando yang didekorasi secara meriah di Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Peterson di Colorado Springs. Relawan dengan duduk di meja yang dilengkapi dengan telepon, karangan bunga, pohon Natal mini, banyak permen dan kopi yang mengandung kafein, dan pembersih tangan. “We Have the Watch,” adalah moto misi militer NORAD. Dan ketika berbicara tentang Santa, NORAD menambahkan: “Santa melakukan tembakan. Kami melacaknya.”

(AP)



Leave a Reply