Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

COVID-19 Merenggut 28 Juta Tahun Harapan Hidup di 31 Negara




Sebuah penelitian dilakukan untuk memperkirakan perubahan harapan hidup dan tahun kehidupan yang hilang pada tahun 2020 terkait krisis COVID-19.

Roberto Arias mempersiapkan kuburan di Pemakaman Woodlawn selama wabah penyakit coronavirus (COVID-19) di Everett, Massachusetts, Amerika Serikat, 27 Mei 2020. (Foto: Reuters/Brian Snyder)

Inggris, eBahana.com – Lebih dari 28 juta tahun harapan hidup hilang pada tahun 2020 di 31 negara, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pekan ini di jurnal peer-review BMJ. Amerika Serikat termasuk di antara negara-negara dengan jumlah tahun kematian tertinggi. Israel termasuk di antara negara-negara dengan jumlah tahun yang hilang paling sedikit, peringkat di nomor sembilan.

Tujuan penelitian yang dipimpin oleh Prof. Nazrul Islam di Inggris Raya ini adalah untuk memperkirakan perubahan harapan hidup dan tahun hidup yang hilang pada tahun 2020 terkait dengan krisis COVID-19. Islam melihat 37 negara dengan pendapatan menengah ke atas dan tinggi, di mana dia merasa bahwa datanya akan lengkap dan dapat diandalkan. Pengurangan harapan hidup dihitung berdasarkan perbedaan antara harapan hidup yang diamati dan diharapkan pada tahun 2020, menggunakan model Lee-Carter. Kelebihan tahun didasarkan pada perhitungan yang sama dan menggunakan tabel kehidupan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Harapan hidup adalah indikasi berapa lama, rata-rata, orang dapat bertahan hidup jika tingkat kematian spesifik usia tetap konstan selama sisa hidup mereka,” kata laporan itu. “Tahun-tahun kehidupan yang hilang memperhitungkan usia distribusi kematian dengan memberikan bobot yang lebih besar pada kematian yang terjadi pada usia yang lebih muda.”

Paling Terdampak

Negara-negara di mana harapan hidup paling menurun adalah Rusia, Amerika Serikat, dan Bulgaria. Islam menjelaskan bahwa ini tampaknya sebagian besar dipengaruhi oleh tingginya jumlah kematian pada populasi yang lebih muda, terutama di antara orang-orang di bawah usia 65 tahun.

Tahun-tahun kehidupan yang hilang paling tinggi per 100.000 penduduk terlihat di Bulgaria, Rusia, Lituania, Amerika Serikat, dan Polandia. Secara total, 31 negara kehilangan 222 juta tahun harapan hidup, 28,1 juta lebih banyak dari yang diperkirakan. Lebih banyak tahun yang hilang oleh pria daripada wanita, menurut penelitian tersebut. Selain itu, tahun-tahun kehidupan yang hilang karena COVID lebih dari lima kali lebih tinggi daripada yang hilang karena flu pada tahun 2015, pandemi yang dianggap cukup parah.

Hanya ada tiga negara di mana orang benar-benar hidup lebih lama, yaitu Selandia Baru, Taiwan, dan Norwegia. Di tiga negara tidak ada perubahan dalam harapan hidup, yaitu Denmark, Islandia dan Korea Selatan. Keenam negara ini juga tidak memiliki tahun kehidupan yang hilang lebih tinggi dari yang diperkirakan, studi tersebut menunjukkan.

Islam berkata, “Perawatan kesehatan pasti merupakan faktor penting” mengapa harapan hidup beberapa negara menurun lebih dari yang lain atau kehilangan lebih banyak tahun hidup. Tetapi “begitu juga kapasitas untuk menanggapi keadaan darurat seperti pandemi, dan kesetaraan dalam mengakses layanan kesehatan.” Dia mengatakan AS, khususnya, “dikenal memiliki ketidaksetaraan yang meluas dalam aksesibilitas layanan kesehatan, yang mungkin berkontribusi pada kerugian besar pada tahun 2020.”

Penelitian ini, tentu saja, dilakukan berdasarkan angka-angka dari sebelum vaksinasi. Israel, misalnya, mulai memberikan vaksin kepada penduduknya yang paling rentan hanya pada akhir Desember 2020. Dengan demikian, statistiknya mungkin terlihat lebih berbeda tahun ini, berdasarkan negara mana yang mampu mencegah kematian COVID-19 melalui inokulasi. Studi tersebut menunjukkan bahwa pandemi dan langkah-langkah kebijakan yang diambil negara-negara untuk menghentikan penyebaran virus telah berimplikasi pada kematian di luar kematian akibat COVID-19.



Leave a Reply