Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Akuisisi Gulungan Kitab Ester Berusia 255 Tahun




Sebuah Gulungan Kitab Ester, yang ditulis oleh seorang gadis berusia 14 tahun di Roma pada tahun 1700-an, diakuisisi oleh museum Israel dalam sebuah pelelangan (Foto: Marc Israel Sellem)

Yerusalem, eBahana.com Sebuah gulungan Kitab Ester berusia 255 tahun yang langka yang ditulis oleh gadis berusia 14 tahun, diakuisisi oleh Museum Israel. Gulungan dari Italia itu ditandatangani oleh Luna bat Yehuda Ambron akan bisa dilihat publik untuk pertama kalinya setelah pekerjaan restorasi dan penelitian selesai. Hampir tepat 255 tahun yang lalu, pada tanggal 10 bulan Yahudi, Adar, tahun 1767, Luna Bat Yehuda Ambron yang berusia 14 tahun menyelesaikan tugasnya dan meletakkan pena bulunya.

Dia telah selesai menulis seluruh Gulungan Kitab Ester. Seperti yang sudah menjadi praktik umum pada masa itu, dengan munculnya mesin cetak dan buku, dia juga menulis prasasti dalam tulisan kecil di bawah teks liturgi di bagian bawah perkamen. Dengan bantuan Tuhan, penulisan berkat-berkat ini dengan gulungan itu selesai pada 10 Adar 1767… (oleh) gadis Luna yang sederhana dan menyenangkan, putri Yehuda Ambron yang terhormat dan kaya, pada tahun ke-14 dia hidup… Semoga kita pantas melihat keajaiban, dan keajaiban dengan cepat di zaman kita,” tulisnya, membentuk huruf-huruf namanya sedikit lebih besar dari yang lain. Pada penanggalan sekarang itu bertepatan dengan 1 Maret 1767.

Sedikit yang diketahui tentang remaja itu selain bahwa dia berasal dari keluarga Yahudi kaya terkemuka di Roma, yang datang ke Italia sebelum dan sesudah pengusiran orang Yahudi dari Spanyol pada tahun 1492. Ayahnya memiliki beberapa bisnis, termasuk pembuatan furnitur yang sukses, yang juga memproduksi karya-karya untuk Gereja Katolik dan barang-barang penggunaan gerejawi. Luna menikah dengan Ya’acov David ben Mordechai Di Segni 10 tahun setelah menyelesaikan gulungan itu, dan mereka pindah ke kota pelabuhan Livorno di pantai barat Tuscany, di mana mereka membantu mengembangkan bisnis ayahnya.

Adapun sejarah manuskrip bergambar indah yang ditulisnya, yang diketahui hanyalah bahwa itu disimpan dalam koleksi pribadi hingga muncul di lelang oleh Balai Lelang Kedem Yerusalem Desember lalu. Dengan persaingan ketat dari kolektor pribadi, tidak heran jika Museum Israel di Yerusalem dapat memperoleh gulungan itu dari keluarga Yahudi Italia dengan dana besar dari Mandel Foundation, membuatnya tersedia untuk dilihat publik untuk pertama kalinya.

“Harga Judaica dan manuskrip bergambar sangat tinggi, dan sulit untuk bersaing dengan kolektor pribadi, meskipun penting bahwa benda-benda ini tetap di koleksi publik,” kata Dr. Rachel Sarfati, kepala kurator museum Wing for Jewish Art and Life, pada jumpa pers sebelum restorasi dan penelitian gulungan oleh Anna Nizza-Caplan, kurator museum manuskrip Ibrani.

Salah satu alasannya untuk membuat manuskrip semacam itu tersedia untuk umum adalah untuk menyoroti kisah lengkap sejarah orang-orang Yahudi, kata Sarfati. “Penting untuk melihat gambaran keseluruhan dunia Yahudi dan menceritakan tentang peran perempuan dalam kehidupan keagamaan komunitas mereka,” katanya. “Sangat penting untuk juga menunjukkan bagian yang berbeda dari kami.” Sebelum pembelian semacam itu dilakukan, keaslian dan asalnya harus dikonfirmasi, tambahnya.

Nizza-Caplan berkata, “Tidak ada yang melakukan penelitian tentang gulungan ini. Itu bisa dibeli oleh keluarga pribadi lagi, dan kami tidak akan tahu. Sekarang tugas kita untuk menyelidiki; terkadang kita menemukan informasi. Di sisi lain, kami tahu kami berada di titik awal dengan banyak penelitian yang harus dilakukan.”

Dapat diasumsikan bahwa Luna berasal dari keluarga yang menghargai pendidikan bagi anak-anaknya, termasuk putrinya, katanya. Kurator berharap gulungan itu akan tersedia untuk dilihat publik pada Hari Raya Suci. Menurut Talmud, Gulungan Ester, atau Megillat Ester, adalah satu-satunya gulungan yang diizinkan untuk ditulis oleh perempuan karena nama Tuhan tidak disebutkan di dalamnya, kata Sarfati.

Itu juga biasanya gulungan yang digunakan oleh para juru tulis laki-laki muda untuk melatih tangan mereka untuk alasan yang sama, katanya. Sementara beberapa magang juru tulis laki-laki muda mungkin telah memulai pelatihan mereka pada usia muda 14 atau 15 tahun, masih terlalu muda untuk menyelesaikan sebuah gulungan, dan bahwa gulungan ini ditulis oleh seorang perempuan muda membuatnya lebih luar biasa, tambahnya.

Baru belakangan ini hanya beberapa perempuan mulai menulis gulungan Taurat, meskipun gulungan itu dinyatakan tidak sah oleh para rabi Ortodoks. Meskipun dianggap dapat diterima untuk membaca dari Gulungan Ester yang ditulis oleh seorang peremjpuan, Talmud menyatakan bahwa itu hanya boleh dilakukan jika tidak ada gulungan yang ditulis oleh seorang pria yang tersedia. “Jadi Anda bisa mengerti mengapa “Esther Scroll” ini sangat unik bagi kami dan koleksi kami,” kata Sarfati. “Ini adalah contoh yang tidak biasa dari apa yang perempuan boleh lakukan sampai hari ini.”

Megillat Esther yang besar ditulis dalam aksara Sephardi-Italia, dipengaruhi oleh naskah cetak baru pada periode tersebut, pada dua membran perkamen, dengan membran pertama termasuk tepi kanan dekoratif. Kolom pertama didahului dengan ilustrasi bunga besar berwarna-warni, dan kata awal Vayehi ditulis dengan huruf hias besar. Gulungan tersebut dipasang pada roller kayu dengan ujung berjenjang, yang umum digunakan pada megillot Italia pada waktu itu.

Kata-kata awal dari berkat dan puisi ditulis dalam huruf hias yang besar. Teks diatur dalam bingkai arsitektur yang terdiri dari empat lengkungan marmer yang dihiasi dengan cabang dan bunga yang bertumpu pada lima pilar marmer bergaya. Di atas lengkungan adalah ilustrasi yang menggambarkan Haman memimpin Mordechai di atas kuda, didahului oleh dua sosok peniup terompet dan diikuti oleh empat sosok tambahan.

Dua ilustrasi lain muncul di kaki daun: satu menggambarkan Haman tergantung di tiang diapit oleh dua sosok, dan yang kedua menggambarkan tiga sosok lainnya. Di kedua sisi ilustrasi atas ada dua lambang yang menampilkan singa dan bulan sabit, lambang keluarga Ambron, dengan latar belakang biru. Keluarga Yahudi selama periode ini menganut adat lambang keluarga, dan banyak juga dapat dilihat di ketubot, kontrak pernikahan Yahudi, kata Nizza-Caplan.

Nama ilustrator tidak diketahui, karena mereka tidak dianggap penting dalam penulisan naskah-naskah Yahudi, kata Sarfati. Yang penting adalah teks suci, katanya. Hanya dua Gulungan Ester lainnya yang diketahui telah ditulis oleh perempuan, baik yang berasal dari Italia maupun dalam koleksi pribadi. Satu, disalin oleh Stellina bat Menachem ben Jekutiel dari Venesia, dianggap sebagai megillah paling awal yang dihias sepenuhnya. Ini adalah bagian dari Koleksi Braginsky Swiss, yang dianggap sebagai koleksi pribadi terbesar dari manuskrip bergambar Ibrani, yang sebagian telah dipinjamkan ke museum dan dapat dilihat di situs web koleksi.

Beberapa contoh juru tulis perempuan abad pertengahan diketahui, tetapi gulungan Stellina adalah satu-satunya contoh modern awal dari sebuah gulungan yang disalin oleh seorang perempuan. Gulungan Ester kedua ditulis oleh Camilla bat Moshe Efraim pada tahun 1770.

(TJP)



Leave a Reply