Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Tes SWAB Gratis di Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan Kerjasama Dinas Kesehatan & Klinik Lentera GKI Pamulang




Jakarta, eBahana.com – Tes SWAB atau disebut juga tes PCR (Polymerase Chain Reaction) adalah pemeriksaan untuk mendeteksi virus Corona. Tes ini adalah tes yang direkomendasikan oleh WHO (World Health Organization) dengan tingkat akurasi hingga 95%, dengan cara mengambil sampel apus dari saluran pernafasan seperti hidung dan tenggorokan. Sampel ini kemudian diuji di Laboratorium Biosafety Level 2 untuk mendeteksi ada tidaknya DNA (Deoxyribonucleic Acid) atau RNA (Ribonucleic Acid) virus Corona. Meski sampel hanya mengandung materi genetik dengan jumlah sedikit, pemeriksaan ini dapat melipatgandakan DNA atau RNA tersebut. Hasil pemeriksaan dapat diketahui beberapa hari kemudian.

Tercatat 412 orang mengikuti tes SWAB gratis yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Banten dan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan bekerjasama dengan Klinik Pratama Lentera, GKI Pamulang yang diadakan pada Rabu, 22 Juli 2020 lalu, yang ditujukan untuk masyarakat umum. Menurut dr. Aprilia Krisiliana MKM dari Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Kota Tangsel, “Kegiatan ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Corona di masyarakat. Anggaran berasal dari APBD dan sekitar 35 orang tenaga kesehatan ambil bagian pada tes swab ini, terdiri dari dokter, perawat serta analis kesehatan”.

Sekitar 40 staf dan volunteer Klinik Pratama Lentera GKI Pamulang diperbantukan dalam kegiatan ini, agar proses pemeriksaan dapat berjalan cepat dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, info Ruth One Kepala LPM Lentera. Selain itu kedatangan peserta tes SWAB juga dijadwalkan, supaya tidak terjadi penumpukan massa. Maisaroh, salah seorang peserta tes SWAB menyatakan “Tadinya saya takut untuk datang, tapi ternyata geli waktu diperiksa”. Peserta tes lainnya Retnadhi, guru SMAN 02 Tangsel, mengatakan “Petugasnya ramah, nunggunya gak lama dan alhamdullilah gratis.”

Sementara itu perwakilan Pengurus LPM Lentera, Charlie Pahan, menyampaikan ucapan syukur karena Klinik Pratama Lentera GKI Pamulang dipercaya menjadi mitra Dinkes Provinsi Banten dan Dinkes Kota Tangsel, serta menjadi tempat pelaksanaan kegiatan ini. Semoga tes SWAB gratis ini menjadi berkat bagi masyarakat dan hasil tes yang didapatkan dapat mendeteksi sedini mungkin penyebaran Corona serta memutus mata rantai penyebaran Corona, khususnya di Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan dan sekitarnya.

Oleh Lina Nababan M.Kes. – Kelompok Kerja Bencana, GKI Klasis Jakarta Dua.



Leave a Reply