Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

STT GKE Bersinergi Melaksanakan Pendidikan Berbasis Revolusi Industri 4.0




eBahana.com – Banjarmasin,   

Pada 01 Juli 2021 Sekolah Tinggi Teologi Gereja Kalimantan Evangelis (STT GKE) genap berusia 89 tahun. Usia tersebut dihitung sejak lembaga ini pertama kali didirikan dengan nama Sekolah Pendeta pada 1932. Sampai sekarang lembaga pendidikan ini terus memainkan peran pentingnya bagi pengembangan sumber daya calon-calon pendeta dan teolog untuk gereja-gereja di Indonesia, terutama di Kalimantan.

Dengan mengangkat tema“Bersinergi Melaksanakan Pendidikan Berbasis Revolusi Industri 4.0”, Dies Natalis STT GKE kali ini menggelar beberapa rangkaian kegiatan yang terbagi dalam empat kategori utama yakni: kegiatan ilmiah (webinar, orasi ilmiah), pameran dan perlombaan (lomba musikalisasi puisi), pengabdian kepada masyarakat (kerja bakti dan bakti sosial), dan ibadah syukur.

Sementara sebagai puncak kegiatannya STT GKE menggelar ibadah syukur di aula STT GKE, Kamis (1/07/2021) Ibadah tersebut diformat dalam nuansa historis, akademis, kultural, dan partisipatif. Ada nyanyian jemaat dalam Bahasa Dayak yang mengingatkan masa-masa awal STT GKE sebagai Sekolah Pendeta, Pembacaan Puisi “Kaca” karya Pdt. Dr. Fridolin Ukur oleh Pdt. Em. Jhonson Simanjuntak, M.Th (keduanya mantan Ketua STT GKE), Orasi Ilmiah oleh Pbrt. Dr. Tulus To’u, M.Pd., kemudian dilanjutkan dengan Prosesi Pembelahan Lamang (makanan tradisional Kalimantan) sebagai simbol perayaan ulang tahun oleh Ketua STT GKE, serta ada sesi khusus mengenang dan memberikan penghormatan kepada lima alumni pertama sekaligus pendeta Dayak Pertama GKE melalui kesaksian anak-cucu mereka. Turut hadir dalam kegiatan ini Pdt. Em. Petrus Jarob, S.Th (mantan Ketua Umum MS GKE), Pdt. Dr. J.F. Songan (mantan Ketua STT GKE), serta beberapa tamu undangan.

Dalam sambutannya, Ketua STT GKE Pdt. Kinurung Maleh, D.Th., menyatakan bahwa Pandemi COVID-19 telah membatasi tradisi perjumpaan, tetapi teknologi membuat kita mampu terus merawat tali silaturahim sekaligus melaksanakan pendidikan secara kreatif dan inovatif. “Itu menjadi bukti nyata bahwa teknologi telah menjadi keniscayaan dalam dunia pendidikan dan pelayanan. Sudah sepatutnya kita percaya Allah telah turut bekerja melalui teknologi untuk mendatangkan kebaikan bagi kita semua.” tegasnya.

Sementara, Ketua Pengurus Yayasan Pendikan Barnstein, Pdt. John Asihua, M.Th., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Pengurus Yayasan, Yan Saragih, S.E,MM., mengapresiasi STT GKE karena boleh berproses dengan baik dalam mengembangkan pendidikan meskipun banyak hal baru yang menjadi tantangan bagi STT GKE setahun terakhir ini. Beliau juga mendorong semua pihak untuk memberikan dukungan kepada STT GKE agar dapat terus menghasilkan SDM unggul.

Wakil Ketua Umum Majelis Sinode GKE, Pdt. Dr. Simpon F. Lion, M.Th., dalam sambutannya menyatakan bahwa pola dan pendekatan pendidikan yang berubah dari tatap muka ke online membutuhkan banyak penyesuaian. Sebagaimana sambutan dari pihak Pengurus Yayasan, beliau juga mengapresiasi segala upaya dan capaian STT GKE selama ini, sembari mendorong untuk terus meningkatkan layanan. Beliau juga mengundang STT GKE serta segenap pihak di GKE untuk bersinergi meningkatkan mutu pengelolaan sekolah-sekolah GKE lainnya, terutama pada masa pandemi ini.

 

Pdt. Dr. Idrus Sasirais



Leave a Reply