Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Presiden Joko Widodo Saksikan Virtual Vaksinasi Massal di Gereja-gereja




Toraja, eBahana.com – Pemerintah terus menggeber pelaksanaan vaksinasi Covid-19, baik itu melalui berbagai fasilitas layanan kesehatan milik pemerintah maupun swasta, sentra-sentra vaksinasi, kolaborasi TNI/POLRI dengan berbagai elemen kemasyarakatan, organisasi profesi, OKP/KNPI, organisasi keagamaan, dan kalangan lainnya. Target pencapaian vaksinasi nasional sebesar 208.265.720 jiwa, per hari Selasa 7 September 2021, berdasar update data KPC PEN-Kemenkes sudah mencapai 68.208.588 jiwa untuk suntikan dosis 1, lalu dosis 2 sebesar 39.165.980 jiwa, dan booster 726.589 jiwa.

Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) sebagai organisasi kepemudaan, turut aktif melakukan kegiatan vaksinasi, sebagaimana dilakukan oleh DPD GAMKI Sulawesi Barat, Selasa (7/9) kemarin. Vaksinasi yang diadakan DPD GAMKI Sulawesi Barat merupakan bagian dari program vaksinasi merdeka, kerjasama POLRI dan Aminuddin Ma’ruf (Staf Khusus Presiden), digelar secara serentak di rumah ibadah, pesantren, dan kampus se-Indonesia. Pelaksanaan vaksinasi rumah ibadah itu berlangsung pada tanggal 6-7 September 2021.

Vaksinasi di Sulawesi Barat, salah satunya dilaksanakan di Gedung GTM (Gereja Toraja Mamasa) Jemaat Bukit Zaitun Mamuju Tengah. Kegiatan ini juga kerjasama dengan GTM Klasis Tobadak Raya, yakni sebagai tuan rumah tempat pelaksanaan kegiatan vaksinasi. Vaksinasi diperuntukkan bagi masyarakat umum, juga anak-anak usia 12 tahun ke atas, vaksin dosis 1 maupun 2, dengan vaksin Sinovac.

Tim Pelaksana di Provinsi Sulawesi Barat, Ines Pradhana menyampaikan, untuk pelaksanaan vaksinasi ini, pihaknya mendorong jemaat gereja dan masyarakat umum berpartisipasi dalam melaksanakan vaksin. “Ini demi kebaikan kita bersama. Kegiatan ini juga dapat terlaksana karena dukungan aktif Polda Sulawesi Barat, secara khusus Polres Mamuju Tengah,” ungkap Ines.

Senada dengan Ines, Nelwan panitia sekaligus Ketua DPD GAMKI Sulawesi Barat menuturkan, pelaksanaan vaksinasi berjalan baik dan tanpa kerumunan, berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat sehingga masyarakat merasa tetap aman dan nyaman selama proses vaksinasi. “Kami mengapresiasi Polri, pengurus gereja dan masyarakat, yang sudah mau untuk divaksin. Terobosan seperti ini cukup efektif dan efisien dalam proses percepatan vaksinasi,” ujar Nelwan.

Kegiatan vaksinasi dihadiri secara langsung oleh Kapolda Sulawesi Barat Irjen Pol Eko Budi Sampurno, Wakapolda Brigjen Pol. Umar Faroq, Kapolres Mamuju Tengah, Danrem, Danlantamal, serta Wakil Bupati Mamuju Tengah, hadir secara langsung meninjau jalannya kegiatan vaksinasi. Dalam kesempatan yang sama Kapolda Sulawesi Barat Irjen. Pol. Drs. Eko Budi Sampurno, M.Si didampingi Kapolres Mamuju Tengah AKBP Muhammad Zaky, SH, M.Si memberikan bantuan sembako kepada Gereja Toraja Mamasa Jemaat Bukit Zaitun.

Presiden Joko Widodo secara virtual, melalui teleconference, didampingi Kapolri bersama Staf Khusus Presiden menyaksikan vaksinasi Covid-19 di rumah ibadah di 34 provinsi. Presiden Jokowi memantau dari Pondok Pesantren K.H. Syamsudin, Ponorogo, Jawa Timur. Presiden Jokowi mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi massal di rumah-rumah ibadah. Di saat yang sama, ia mengingatkan agar masyarakat tetap patuh terhadap protokol kesehatan meski telah divaksin.

“Siang hari ini kita telah melaksanakan vaksinasi serentak di pesantren dan gereja, rumah-rumah ibadah. Saya sangat menyambut baik apa yang dilakukan oleh TNI dan Polri,” tandas Presiden Jokowi.

(DED)



Leave a Reply