Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

PGI & UNKRISWINA Tanam Mangrove untuk Lingkungan Lebih Baik




Sumba, eBahana

Universitas Kristen Wira Wacana (UNKRISWINA) dan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) menunjukkan respon mengenai fenomena kerusakan lingkungan hidup serta sebagai upaya mitigasi bencana. Kepedulian tersebut diwujudkan melalui aksi penanaman mangrove (bakau) di bibir pantai Manubara, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, Selasa (3/9/19).

Pdt. Gomar Gultom, dan Pdt. Jimmy Sormin, mewakili PGI,  melakukan penanaman beberapa bibit mangrove secara simbolis untuk diteruskan oleh civitas akademika UNKRISWINA, dan masyarakat setempat.

Sejak beberapa tahun terakhir UNKRISWINA memang telah menginisiasi kegiatan penanaman mangrove di beberapa lokasi pantai. Bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dan warga masyarakat, civitas UNKRISWINA telah menanam ribuan bibit mangrove. Sebagian dari hasil penanaman tersebut bahkan telah berupa hutan mangrove yang hijau dan indah menghiasi bibir pantai.

Ini merupakan contoh yang sangat baik untuk dapat dilakukan oleh lembaga pendidikan maupun lembaga lainnya, seperti gereja. Dengan memulihkan dan menjaga ekosistem pantai, sekaligus juga akan mengurangi risiko bencana. Misalnya, jika terjadi gelombang besar atau tsunami yang akan menerjang daratan, hutan bakau akan memecah gelombang tersebut sehingga mengurangi kerusakan atau kerugian yang diakibatkannya.

Pdt. Gomar Gultom mengatakan, apabila penanaman mangrove dapat dilakukan secara berkelanjutan, juga akan memberi berbagai manfaat bagi penduduk yang tinggal di sekitar pantai. Biota laut akan lebih terlindungi dan berkembang biak dengan baik ketika ada hutan bakau di sekitar pantai. Para nelayan tentu akan menerima manfaat ekonominya.  Namun hal ini menuntut komitmen para nelayan juga untuk turut menjaga kelestarian ekosistem pantai dengan tidak melakukan penangkapan ikan dengan cara-cara yang tidak benar.

Keberadaan mangrove dan segala manfaatnya sangat tergantung pada kita semua untuk melakukan aksi kepedulian terhadap pertumbuhan dan penyebarannya di pesisir pantai nusantara ini. Melalui kepedulian kita tersebut, generasi kita ke depan akan merasakan buah-buahnya. Pdt. Jimmy Sormin/Yas

Sumber : http://pgi.or.id



Leave a Reply