Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

PGI Mendukung Keputusan Pemerintah Mengurangi Cuti Bersama




eBahana.com – PGI menyampaikan bahwa, “PGI mendukung keputusan pemerintah mengurangi cuti bersama pada liburan Natal dan Tahun Baru 2020 untuk mengurangi penyebaran Covid-19”. Pernyataan ini disampaikan melalui siaran Persnya untuk memeberikan imbauan kepada seluruh gereja anggota PGI. Siaran Pers ini disampaikan Sekretaris Umum PGI, Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty yang didampingi oleh Humas PGI, Philip Situmorang, melalui aplikasi zoom pada hari Senin (21/12/2020).

Ada 7 poin imbauan PGI dalam rangka perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 bagi anggotanya dan secara umum juga sebagai imbauan bagi seluruh gereja-geraja di Indonesia. Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty juga menyampaikan bahwa PGI terus mengembangkan koordinasi dan komunikasi dengan gereja-gereja lintas aras maupun koordinasi dengan lintas sektoral dan aparat pemerintah dalam rangka perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 ini.

PGI menekankan agar gereja-gereja dalam momen perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, sebaiknya dilakukan secara virtual saja. Tujuanya agar gereja tidak menjadi kerumunan yang bisa menjadi klaster baru Covid-19.

PGI juga mengingatkan agar jemaat gereja mendoakan keluarga yang berduka akibat covid-19; “Ingatlah di dalam doa, keluarga-keluarga yang berduka karena ditinggalkan orang-orang terkasih akibat terpapar Covid-19, pembunuhan, bencana, serta berbagai sebab lainnya”.

Adapun salinan lengkap imbauan PGI terkai perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 melalui siaran Persnya adalah sebagai berikut:

Imbauan Kepada Gereja-Gereja Merayakan Natal dan Tahun Baru Secara Virtual dan Melaksanakan Protokol Kesehatan Ketat

Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mencermati dengan prihatin kenaikan angka penyebaran Covid19. Pemerintah Republik Indonesia melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mempublikasikan data kenaikan kasus Covid-19 mencapai 664.930 kasus pada 20 Desember 2020. Memperhatikan perkembangan ini, PGI mendukung keputusan pemerintah mengurangi cuti bersama pada liburan Natal dan Tahun Baru 2020 untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Terkait dengan data terbaru perkembangan Covid-19, PGI menyampaikan beberapa imbauan menyongsong Natal dan Tahun Baru;

  1. PGI tetap pada imbauan yang telah diedarkan sebelumnya agar Gereja-gereja merayakan Natal dan Tahuan Baru dalam bentuk virtual. Kita telah menyelenggarakan ibadah virtual maupun bentuk ibadah lainnya yang tidak menghadirkan kerumunan umat selama masa pandemic ini. Tentu kita tidak menghendaki ketahanan diri kita yang telah terbentuk selama ini untuk menghentikan laju penyebaran Covid-19 menjadi mubazir, hanya karena ketidaksabaran kita untuk berkumpul dan beribadah secara ragawi.
  2. Kalaupun dimungkinkan dilaksanakan dalam bentuk ragawi maka jumlah kehadiran umat dalam ibadah harus dibatasi, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat serta berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 di wilayah tempat tinggal masing-masing.
  3. Natal tahun ini hendaknya dirayakan secara sederhana, dengan menghindari penyelenggaraan ‘open house’serta kegiatan sejenis lainnya. Hindarilah juga aktifitas bepergian dan persinggungan dengan kerumunan orang di ruang publik dalam berbagai bentuk acara perayaan Natal dan Tahun Baru.
  4. Manfaatkanlah anugerah waktu yang tersedia bersama keluarga untuk menjadikan keluarga sebagai palungan tempat menyambut berita Natal itu.
  5. Ciptakanlah ide-ide kreatif untuk saling mengirim ucapan Selamat Natal kepada orang-orang yang dikasihi, maupun kepada kelompok-kelompok marginal yang kerap terlupakan. Ingatlah di dalam doa, keluarga-keluarga yang berduka karena ditinggalkan orang-orang terkasih akibat terpapar Covid-19, pembunuhan, bencana, serta berbagai sebab lainnya.
  6. Dukung dan doakanlah para tenaga medis, Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19, serta berbagai elemen pemerintahan dan lembaga kemasyarakatan yang terus berjuang untuk menangani Pandemi Covid-19 serta semua dampak ikutannya.
  7. Songsonglah Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dengan tetap optimis dan berpengharapan.

Jakarta, 21 Desember 2020, Humas PGI, Philip Situmorang.

Diliput oleh Ashiong P. Munthe (Kontributor eBahana)



Leave a Reply