Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Pemda Kutai Timur Resmikan Gua Maria Bersejarah




Kutai Timur, eBahana.com – Gua Bunda Maria yang terletak di Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) telah diresmikan oleh Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman pada Sabtu (27/11) kemarin. Peresmian gua ini menambah satu lagi sektor pariwisata yang ada di Kutai Timur. Akan tetapi, Gua Bunda Maria bukan sekadar wisata biasa, melainkan wisata religi khususnya untuk pemeluk agama Katolik.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kutim, Nurullah mengatakan akan segera menyusun perencanaan dasar sebagai salah satu daya dukung objek wisata religi tersebut, seperti dilansir dari pusaranmedia.com. “Kami akan segera membangun  fasilitas pendukung, baik akses menuju goa (Bunda Maria) maupun fasilitas lain yang belum tersedia,” ujarnya pada Senin (29/11) kemarin.

Selain itu, Dispar akan terus mengoptimalkan promosi sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri dan diminati. Sebab destinasi wisata religi di Kutai Timur dan Kalimantan Timur (Kaltim) masih relatif sedikit. Dirinya yakin Gua Bunda Maria memiliki potensi luar biasa. “Kita akan mencoba menjadikan wisata religi ini menjadi salah satu agenda rutin kabupaten,” ucapnya.

Lokasi wisata yang terletak diantara Kecamatan Muara Wahau dan Kongbeng ini merupakan kombinasi yang cukup untuk menarik wisatawan berkunjung. Selain wisata rohani, pengunjung akan disuguhkan wisata karst alami. Banyaknya tanaman dan pohon endemik pulau Kalimantan yang masih terjaga dan terawat dengan baik, bakal menjadi nilai tambah tempat tersebut “Gua Kongbeng juga mempunyai nilai sejarah yang cukup panjang bagi Kalimantan Timur. Khususnya pada masa Kerajaan Kutai. Ini yang perlu terus kita jaga dan lestarikan,” pungkasnya.

(ps/dbs)



Leave a Reply