Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Paskah Menjadi Momentum GAMKI Memantapkan Kiprah




Ibadah perayaan Paskah Nasional dan Dies Natalis GAMKI (Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia) ke-61 digelar secara sederhana pada 28 April 2023 di GPIB Immanuel, Gambir, Jakarta Pusat, secara hybrid. Tema tahun ini adalah “Usahakanlah kesejahteraan kota di mana kamu berada dan doakanlah (Yer. 29:7)”, serta sub-tema “Meneguhkan nasionalisme dan ekumenisme dengan nilai-nilai Pancasila.”

Selain dihadiri DPP, DPD, DPC, Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) serta para kader, hadir pula para tamu undangan dari berbagai ormas kepemudaan. Selain memberikan dukungan terhadap eksistensi GAMKI, kehadiran mereka menunjukkan bahwa GAMKI sudah menjadi organisasi kepemudaan yang strategis di tengah masyarakat.

Acara dibuka dengan upacara organisasi, dilanjutkan dengan pidato Ketua Umum DPP GAMKI Willem Wandik, S. Sos. yang menyoroti makna Paskah bagi kegerakan kekristenan di Indonesia. Salah satunya melalui kesediaan berkorban sebagaimana teladan Yesus Kristus di kayu salib. Kesediaan berkorban akan memadamkan berbagi konflik, sementara kekerasan hati hanya akan memunculkan sekaligus memperuncing konflik. Di sisi lain, pengorbanan berarti memberi ruang bagi Tuhan untuk campur tangan menyatakan kuasa-Nya dalam penyelesaian masalah.

Sekretaris PGI Pdt. DR (HC). Jacklevyn Frits Manuputty, MA. dalam sambutannya tegas meminta GAMKI agar tetap giat dan aktif dalam menyikapi berbagai dinamika yang terjadi di tengah masyarakat, bangsa, dan negara. Bahwasanya ada keterbatasan yang dialami dalam hal-hal tertentu, itu pun tidak boleh menjadi pembenar untuk menjadi pasif. Karena bagaimanapun kasih Kristus harus tetap dinyatakan melalui tindakan nyata. Sejalan dengan hal tersebut, Dr. Michael Wattimena selaku MPO GAMKI menyatakan kebanggannya dengan kiprah GAMKI yang banyak berkontribusi dalam sejarah Indonesia sekalipun ada berbagai dinamika yang harus dialami secara internal maupun eksternal. Ia berharap kontribusi-kontribusi seperti itu tidak akan pernah berhenti dilakukan GAMKI. Pada akhir sambutannya, mantan ketua umum GAMKI ini mengutip nasihat Elaenor Roosevelt.

“Jauh lebih baik menyalakan sebuah lilin daripada sibuk mengutuki kegelapan,” pungkasnya.

Acara makin istimewa dengan kehadiran Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo, SH. Menteri termuda di Indonesia ini mengakui GAMKI sebagai organisasi kader yang sangat strategis. Hal itu dibuktikan dari banyaknya kader di seluruh Indonesia serta tata kelola organisasi yang rapi dari tingkat pusat hingga daerah. Ia berharap kongres GAMKI yang beberapa minggu lagi akan diadakan di Ambon dapat makin memantapkan kiprah GAMKI di tengah masyarakat. Sebagai bentuk dukungan, Menpora siap memberi dukungan penuh kepada seluruh program kerja GAMKI yang bertujuan pengembangan kaum muda (youht develpoment).

Rangkaian acara ditutup dengan pemotongan kue ulang tahun dan berfoto bersama seluruh anggota DPP GAMKI.

 

 

Penulis: Robby Go
Editor:



Leave a Reply