Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Muhaimin Iskandar Temui KWI Diskusi Solusi Perdamaian Papua




Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menjumpai Ketua KWI Ignatius Kardinal Suharyo (foto: ist)

Jakarta, eBahana.c0m – Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar meminta sumbang saran Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmojo untuk dapat bersama-sama mencari solusi terbaik bagi kedamaian dan kebaikan Papua. “Kami sudah ke sana (Papua), peran KWI sangat penting untuk memajukan Papua sekaligus membawa Papua yang damai dan sejahtera. Ujian demi ujian yang telah menimpa kita sebagai suatu bangsa yang semakin mematangkan kita sebagai kekuatan yang saya yakin dan optimis persatuan dan kesatuan kita semakin natural, fungsional, mengakar dan tidak mudah tergoyahkan,” kata Muhaimin dalam pertemuannya dengan KWI di Cikini, Jakarta Pusat, Senin (29/11) kemarin.

Sementara itu, menanggapi persoalan di Papua, Kardinal Suharyo menyatakan bahwa membangun dan merawat semangat cinta Tanah Air adalah tanggungjawab seluruh warga bangsa. “Sikap gereja Katolik yang resmi terhadap masalah Papua itu sangat jelas, yaitu mendukung sikap pemerintah, karena dijamin undang-undang internasional,” ujar Kardinal dalam pertemuan, seperti dilansir dari tempo.co.

Selain berdiskusi tentang isu-isu yang tengah terjadi, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyambangi KWI untuk mengundang Kardinal Suharyo beserta jajaran KWI untuk menghadiri Refleksi Menyambut Natal dan Tahun Baru Nasional yang akan digelar PKB pada 21 Desember mendatang.  Kardinal Suharyo pun mengapresiasi kegiatan yang akan diselenggarakan PKB. Menurutnya, inisiatif tersebut adalah wujud dari toleransi dan upaya menimba kebijakan, pesan, khidmat dari berbagai macam agamg di Indonesia. “Saya kira PKB tidak hanya akan menyambut Natal dengan refleksi, tetapi juga agama-agama lain pasti juga akan mendapatkan kesempatannya,” kata Kardinal Suharyo.

Kemudian, Muhaimin juga menyampaikan salam hangat dan keinginannya bertemu secara langsung dengan Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus di Vatikan. Menurut dia, hal ini merupakan salah satu cara untuk berkontribusi dalam langkah-langkah untuk mewujudkan kedamaian dan keadilan bagi sistem dunia, khususnya di Indonesia. Muhaimin Iskandar mengunjungi KWI dalam rangka silaturahmi dan dialog kebangsaan dengan organisasi keagamaan. Dalam pertemuan tersebut dia diampingi anggota DPR RI Fraksi PKB Daniel Johan, jajaran DPP PKB antara lain Yucundianus Lepa dan Ardy Susanto.

(dbs)



Leave a Reply