Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Misa Pantai OMK 2019: “Berisik Kita Berisi”




Banten, eBahana

Orang Muda Katolik atau OMK adalah komunitas atau wadah kreativitas, pengembangan bagi generasi muda di lingkungan stasi atau Paroki Gereja Katolik. OMK berada di bawah naungan Komisi Kepemudaan yang merupakan perangkat gereja dengan tugas khusus memberi perhatian pada pembinaan dan pendampingan orang muda. Pada pundak orang muda tertitip harapan sebagai generasi penerus. Generasi ini sudah berperan sekarang dan akan menjadi peranan utama dalam kehidupan bernegara, kemasyarakatan dan menggereja.

Menjawab tantangan tersebut, Seksi Kepemudaan Paroki St. Stefanus Cilandak mengadakan kegiatan acara Misa Pantai OMK 2019. Acara digelar di Pantai Tanjung Tum Anyer, Banten pada Jumat (30/08-01/09/19). Tema yang diangkat adalah “Martir Milenial”, adapun Martir yang dimaksudkan adalah saksi, di mana OMK diajak untuk berani bersaksi akan imannya yaitu iman Katolik.

Peserta yang hadir tidak hanya dari Paroki Cilandak, namun juga ada peserta dari Paroki luar, seperti Paroki Pulo Gebang, Paroki Jagakarsa dan Paroki Sunter, sehingga total peserta, panitia dan tamu undangan sebanyak 90 orang. Acara dikemas dengan konsep Outbond  di mana peserta tinggal di tenda dengan posisi dekat pantai.

Keberangkatan dimulai pada jumat malam pukul 20.30 WIB, menuju tempat acara, waktu perjalanan memakan waktu 3 jam. Sesampainya disana peserta diarahkan ke tempat istirahat dan kegiatan dilanjutkan ke esokan harinya.

Pada hari kedua peserta diajak untuk mengikuti serangkaian kegiatan, dimulai dari ice breaking dan pengenalan. Kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua, yang membahas value, peserta di ajak untuk menghayati nilai nilai yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. Usai memberikan materi kepada peserta, acara berikutnya permainan di luar sekitar tenda. Permainan berupa pos k epos, peserta dibagi tujuh kelompok dan harus menyelesaikan permainan di tujuh pos dalam waktu yang sudah ditentukan. Keseruan dan kegembiraan nampak pada wajah peserta, selain untuk melatih kerja sama dan kekompakan, kegiatan ini juga mempererat keakraban antara peserta. Usai beraktifitas di luar, peserta dibebaskan untuk bermain di pantai atau hanya duduk santai di pinggir pantai.

Pada malam hari acara dilanjutkan dengan Talk Show hangat dimana bintang tamunya adalah Mas Herdi selaku pendamping seksi Kepemudaan, Om Toro sebagai Seksi Panggilan, Nio perwakilan OMK dan Juan sebagai Ketua Pelaksana. Dalam Talk Show tesebut membahas tentang Martir Milenial dan penampilan dari setiap kelompok seperti bernyayi, drama dan parodi. Usai Talk Show acara dilanjutkan dengan api unggun dan makan bersama, keseruan keceriaan terlihat dalam diri peserta.

Esok harinya, acara yang ditunggu tunggu pun mulai yaitu Perayaan Ekaristi tepat di bibir pantai, dengan pemandangan laut, cuaca yang cerah menambah kehikmatan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor FX Joko Susilo, SCJ. Dalam homilinya, pastor menyampaikan bahwa kerendahan hati merupakan menjadi pondasi utama dalam kemartiran, dan martir selalu menggunakan kasih dalam pelaksanaannya. PANK



Leave a Reply