Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Mengulang Sejarah, SMP Krista Gracia Klaten Juarai FL2SN 2021




Klaten, eBahana.com – Prestasi membanggakan ditorehkan SMP Krista Gracia Klaten. Siswa sekolah yang berada di Jalan Seruni nomor 4 Klaten ini berhasil meraih juara pertama Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) 2021 pada Cabang Musik Tradisional.

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) merupakan ajang kompetisi dalam bidang seni yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh pemerintah, dalam hal ini Balai Pendidikan Menengah, sebagai upaya pemerintah untuk melahirkan generasi bangsa yang memiliki kecintaan terhadap seni dan budaya.

Kepala SMP Krista Gracia Klaten Kuncoro pada acara peluncuran buku “Perjalanan Tak Kenal Lelah Sang Guru” di aula sekolah setempat, Selasa (7/9/2021) kemarin, mengaku bangga dengan apa yang telah diraih para siswanya. Meskipun di tengah keterbatasan dan pandemi yang belum usai, anak didiknya bisa menghasilkan prestasi membanggakan hingga tingkat nasional. Prestasi ini berkat semangat dan dukungan semua pihak yang ada di sekolah.

“Sebenarnya, anak-anak itu sudah hebat. Ketemu pelatih hebat. Kemudian juga dedikasi bapak ibu guru yang mendukung penuh kegiatan ini. Dan yang lebih hebat lagi adalah semangat anak-anak sendiri. Anak-anak sendirilah yang meraih bintang itu,” ujarnya.

Kuncoro menyampaikan, prestasi juara pertama yang diperoleh SMP Krista Gracia Klaten ini merupakan kali kedua. Sekolah ini meraih juara pertama pada tahun 2019 dan 2021. Sebelumnya, mereka sempat gagal meraih juara di tahun 2015 pada ajang yang sama. “Kalau (berlomba) ke (tingkat) nasional, ini sudah ketiga kalinya. Hanya yang tahun 2015 itu kami belum bisa membawa medali. Baru di tahun 2019 di Banten, kami memperoleh medali emas, dan di 2021 ini kami kembali mengulang sejarah tersebut,” katanya bangga.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten melalui Dinas Pendidikan mengapresiasi prestasi yang telah diraih SMP Krista Gracia Klaten dalam bidang seni melalui ajang FL2SN 2021 dengan meraih juara pertama Cabang Musik Tradisional. Melihat prestasi yang membanggakan ini Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten mendorong sekolah-sekolah lain yang memiliki potensi menonjol agar bisa berprestasi lebih dalam hal seni. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Wardani Sugiyanto mengatakan, Dinas Pendidikan sangat bangga atas prestasi ini.

“Karena kalau seni itu memang dari faktor pewarisan, kemudian diapresiasi oleh sekolah. Sekolah bertanggung jawab, dan sekolah mencarikan guru seni. Memang bisa seperti ini. Dan kita harapkan, di sekolah-sekolah lain juga seperti itu. Jadi, ada potensi apa yang ada di sekolah, dicarikan pendamping, diapresiasi, untuk didorong agar bisa berprestasi,” terangnya.

Wardani Sugiyanto menambahkan, negara bisa maju bila pemerintahnya mendorong potensi dan kearifan lokal agar berprestasi. Meskipun di tengah pandemi, berbagai metode bisa dilakukan guna memunculkan prestasi yang membanggakan sekaligus bisa mengembangkan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Klaten.

“Negara akan bisa maju kalau bisa begitu. Dari kearifan lokal yang ada itu didorong. Maka sekali lagi, saya mendorong, di tengah pandemi pun masih bisa kita melakukan sesuatu. Dengan virtual, (kemudian) berlatih, ini kan kombinasi antar pelatih dan anak, kemudian juga virtualnya. Semuanya didukung oleh sekolah. Ini yang kita harapkan seperti itu, demi perkembangan pendidikan di Kabupaten Klaten,” tandasnya.

(Sukamta)



Leave a Reply