Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Mahasiswa UKDW Terpilih Jadi Duta Bahasa DIY 2021




Yogyakarta, eBahana.com – Josse Darwanto Armando, mahasiswa Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta Angkatan 2020 berhasil menjadi Pemenang I dalam ajang pemilihan Duta Bahasa DIY 2021 yang berlangsung di Pendapa Agung Grand Rohan. Ajang ini diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Balai Bahasa Provinsi DIY.

Josse nantinya akan mewakili Provinsi DIY untuk mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional pada 14-19 Oktober 2021 mendatang. Sebagai Duta Bahasa DIY, Josse mengemban tiga tugas prioritas sebagai abdi bahasa untuk kegiatan pengembangan dan peningkatan budaya literasi masyarakat, jaga bahasa untuk mengampanyekan penggunaan bahasa di ruang publik, dan niaga bahasa untuk menyelenggarakan kegiatan edukasi kebahasaan dan kesastraan dalam bentuk produk niaga, kelas bahasa asing, seminar, serta pameran kebahasaan dan kesastraan.

Josse mengungkapkan alasan mengikuti pemilihan Duta Bahasa adalah supaya dapat melanjutkan pendidikan yang memiliki latar belakang sesuai dengan bidang yang ditekuni sebagai calon teolog. Dirinya mengaku memiliki hasrat untuk terus belajar dan minat yang tinggi terhadap bidang ilmu yang terkait dengan bidang bahasa dan budaya sehingga dapat menjadi penunjang dalam melaksanakan tugas di kehidupan lebih baik lagi kedepannya. “Tuntutan ilmu pengetahuan dan softskill dalam kaitannya dengan perkembangan dan kemajuan suatu bangsa dan negara di zaman global ini manusia harus mempunyai sumber daya yang handal untuk menghadapi setiap detik perubahan yang akan terjadi di depan mata karena sumber daya manusia yang bermutu tinggilah yang akan menjadi faktor penentu kemajuan suatu bangsa dan negara,” terangnya pada Rabu (6/10) kemarin.

Lebih lanjut, Josse menjelaskan dari 160 pendaftar disaring menjadi 100 besar, kemudian dilakukan audisi hingga terpilih 30 finalis Duta Bahasa DIY 2021. “Setelah berproses selama 1 bulan, pada malam penobatan Duta Bahasa DIY 2021 saya terpilih menjadi pemenang pertama bersama dengan Melvine dari UNY untuk mewakili DIY ke tingkat nasional. Harapan saya dengan mengikuti program Duta Bahasa DIY adalah menjadi ahli dalam bidang bahasa sehingga dapat mengembangkan dan mewujudkan penggunaan bahasa yang baik dan benar. Selain itu, saya ingin memperbanyak ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan, serta memperoleh pengalaman yang baik terutama mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bahasa dan sastra di segala segi kehidupan. Sehingga nantinya dapat berperan aktif dalam pembangunan di daerah yang masih membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas,” papar Josse.

Selain Josse, Yudha Adi Putra mahasiswa Fakultas Teologi Angkatan 2019 juga mengikuti seleksi pemilihan Duta Bahasa DIY 2021 dan berhasil menjadi Pemenang IV. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Informasi (WR 3) UKDW, Joko Purwadi, S.Kom., M.Kom. sangat mengapresiasi prestasi yang diraih oleh kedua mahasiswa Teologi UKDW ini.

“Prestasi Josse dan Yudha ini sangat luar biasa bagi UKDW, sesuai dengan motto profil mahasiswa ‘Tangguh, Unggul, dan Berprestasi’. Kami sebagai pimpinan berharap hal ini menjadi pendorong bagi seluruh sivitas akademika UKDW dalam mempersiapkan diri untuk ikut serta berkarya bagi bangsa Indonesia tercinta, mewujudkan Indonesia Maju dalam ‘Peta Jalan Generasi Emas Indonesia 2045’ yang salah satunya sudah diteladankan oleh Josse sebagai Duta Bahasa DIY 2021,” ungkap Joko Purwadi.

(kontributor)



Leave a Reply