Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Mahasiswa dari 6 Negara Ikuti Online Fall Program 2021




Yogyakarta, eBahana.com – Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta berkolaborasi dengan Universitas Proklamasi (UP) 45 Yogyakarta dan Universitas Dhyana Pura (UNDIRA) Bali menyelenggarakan Online Fall Program 2021 bertajuk “Visual Ethnography” pada 1-29 November 2021. Kegiatan ini diikuti 51 peserta dari 6 negara, yakni Indonesia, India, Filipina, Timor Leste, Thailand, dan Jerman.

Menurut Kepala Biro Kerjasama dan Relasi Publik UKDW, Dr. Phil. Lucia Dwi Krisnawati, program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pada peserta untuk bekerjasama, terlibat dalam lingkungan belajar antar budaya di lingkup internasional, merangsang kreativitas dalam menggambarkan cara hidup secara metodologis dan terstruktur, melatih keterampilan memecahkan masalah dalam hal kolaborasi dan komunikasi jarak jauh, serta meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Visual ethnography akan menjadi topik diskusi yang menarik dalam penyelenggaraan Online Fall Program 2021 ini. Para mahasiswa dari enam negara yang menjadi peserta program ini dapat mengamati kebiasaan dan berbagi wawasan tentang cara hidup yang berbeda. Mereka juga dapat mempelajari penerapan visual ethnography dalam aspek kehidupan modern melalui materi-materi yang akan disampaikan,” tuturnya.

Pembukaan acara Online Fall Program 2021 berlangsung secara luring di UKDW Yogyakarta dan diikuti langsung melalui zoom meeting dan kanal youtube UKDW Yogyakarta pada Senin (1/11) kemarin. Acara ini dimeriahkan dengan penampilan dari Didik Nini Thowok yang membawakan Tari Topeng Walangkekek.

Selanjutnya program akan dilaksanakan secara daring selama bulan November 2021 dalam bentuk penyampaian materi, focus group discussion, dan presentasi. Peserta akan dikelompokkan dan diberi proyek terkait visual ethnography. Dengan arahan dari dosen pembimbing, kelompok-kelompok yang terbentuk bebas memilih topik untuk proyek mereka. Kegiatan ini dapat dikonversi menjadi 2-3 SKS.

Adapun topik-topik diskusi yang akan disampaikan meliputi Introduction to Visual Ethnography, Visual Ethnography Applications in Product Design, Doing Visual Ethnography: Methods and Techniques, Visual Ethnography in Journalism and Social Media, Visual Ethnography Application in Designing Games and Apps, Tutorial on the Use of Video Editing Tools, dan Pecha Kucha Presentation. Selain itu peserta juga akan diajak untuk mengikuti culinary talkshow and short class bersama Janti Wignjopranoto.



Leave a Reply