Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Kualitas Pelayanan Penatua Gereja HKBP Resort Lae Parira




Dairi, eBahana.com – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari Program Studi Magister Pendidikan Agama Kristen Program Pascasarjana UKI yang diketuai oleh Dr. Desi Sianipar, M.Th., telah melaksanakan kegiatan Pengabdian di HKBP Resort Lae Parira, pada Rabu (24/11) kemarin. HKBP Resort Lae Parira merupakan salah satu gereja yang terletak di Kabupaten Dairi Sumatera Utara. Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid, dalam rangka menjawab pergumulan HKBP Resort Lae Parira mengenai peningkatan kualitas layanan penatua. Untuk itu, PkM kali ini mengambil tema: “Penyuluhan tentang Penatalayanan Gereja dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Penatua di Gereja HKBP Resort Lae Parira”.

Meskipun sempat terkendala dengan listrik yang padam di lokasi HKBP Resort Lae Parira, namun kegiatan tetap dapat dilaksanakan dengan baik. Kegiatan dibuka dengan sambutan-sambutan Dr. Desi Sianipar, M.Th. (Ketua PkM MPAK UKI), Pdt. Dr. Djoys Anneke Rantung, M.Th. (Kaprodi MPAK UKI), dan Pdt. Alboin Simamora, M.Th., (pendeta resort di HKBP Resort Lae Parira).

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi penyuluhan yang sudah dipersiapkan oleh Tim PkM. Pdt. Wellem Sairwona, M.Th. menyampaikan materi pertama “Penatua dan Penatalayanan Jemaat”, Dr. Desi Sianipar, M.Th. menyampaikan materi kedua “Penatua dan Tri Tugas Panggilan Gereja”, Pdt. Dr. Djoys Anneke Rantung, M.Th. menyampaikan materi ketiga “Kepemimpinan Pelayanan Gereja”, sesi pemaparan materi diakhiri dengan “Teologi Persembahan” yang disampaikan oleh Pdt. Dr. Jusen Boangmanalu, M.Th.

Menariknya dalam sesi materi yang terakhir ini Pdt. Dr. Jusen Boangmanalu, M.Th., menyampaikan dengan menggunakan dwi bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Batak Toba. Tentunya ini merupakan strategi kontekstual agar materi semakin dapat dipahami oleh peserta. Webinar ini dimoderatori oleh salah satu mahasiswa Prodi Magister Pendidikan Agama Kristen, Pdt. Udin Firman Hidayat, S.Si.Teol. Dalam kegiatan PkM ini, hadir sekitar 50 orang Penatua HKBP Lae Parira dan para mahasiswa Prodi MPAK UKI. Tim PkM MPAK UKI selalu melibatkan mahasiswa dalam pelaksanaan PkM dan ikut berpartisipasi menjadi peserta dalam ruang virtual. Hal ini juga penting untuk menambah pengalaman dan pembelajaran bagi mahasiswa.

Dari pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh beberapa penatua, tampak sekali pembekalan materi semacam ini sangat dibutuhkan. Banyak gereja khususnya di pedesaan yang SDM-nya terbatas membutuhkan pembekalan yang berkelanjutan sehingga dapat menunjang kualitas pelayanan mereka. Selain dilakukan dalam bentuk pembinaan, Tim PkM MPAK UKI juga memberikan bantuan dana untuk pembelian Proyektor LCD yang menunjang pelayanan di HKBP Resort Lae Parira. Kegiatan ditutup dengan doa dan foto bersama. Harapan Tim PkM Prodi MPAK UKI, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan pelayanan para penatua sehingga umat Kristen di HKBP resort Lae Parira Dairi dapat terlayani dengan baik.

(markus)



Leave a Reply