Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Keunikan Ibadah & Perayaan Natal KAWAL se-Indonesia




Yogyakarta, eBahana.com – Pada Rabu (1/12) kemarin, KAWAL (Karena Anda Wanitanya Allah) menggelar ibadah dan perayaan Natal bersama seluruh anggota KAWAL se-Indonesia, dengan mengambil tema “Wanita Kristen Berhati Hamba yg Melayani” (Lukas 1:38) di Hotel Horaios, Yogyakarta. Setelah doa pembukaan yangg dipimpin oleh Ps. Abraham I. Santoso dari Jakarta, acara dilanjutkan dengan bingkisan tari-tarian dari DPP Kawal, dilanjutkan kata sambutan dari Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Yaqut menyampaikan dalam pidatonya, wanita mempunyai peran yangg pokok dalam kehidupan keluarga, masyarakat, dan bernegara. Ada ungkapan “di belakang pria sukses ada wanita yang mendukungnya” juga “surga ada di bawah telapak kaki Ibu (wanita)”. Dari beberapa ungkapan itu menunjukan bahwa wanita adalah sosok yang unik dan istimewa. “Saya harap wanita kristen Indonesia yang tergabung dalam organisasi massa Kawal Indonesia bisa berperan dalam pembangunan Indonesia, baik pembangunan fisik maupun mentalnya,” imbuh Yaqut menutup sambutannya.

Selanjutnya dalam perayaan Natal KAWAL tersebut diputar juga ucapan selamat dari berbagai sumber, baik dalam maupun luar negeri seperti dari Yordania, Belanda, Israel dll. Pesan Natal disampaikan oleh Mr. Maher C dari Betlehem yang sebelumnya diawali testimoni dari Mr. Ramzi Azar dari Jerusalem, Israel, yang mempunyai toko besar tempat pusat oleh-oleh di dekat kota Betlehem.

Pesan Natal yang disampaikan oleh Mr. Maher C menekankan arti penting Natal yang bukan sekadar bulan Desember dan identik dengan kemeriahan pesta Natal yang serba hebat. Menurutnya, esensi Natal harus lebih kepada tiap-tiap hari yang dijalani dan kesadaran tentang Tuhan Yesus Kristus yang lahir dan memberikan tauladan hidup luar biasa. Natal merupakan kesadaran akan cinta kasih Tuhan yang amat sangat besar, itu tandanya. Mengakhiri renungan pesan Natal hari itu, Mr. Maher C memberikan ucapan selamat kepada semua peserta undangan dan yang hadir agar merayakan Natal dengan kasih Kristus semata.

Acara dilanjutkan dengan penyalaan lilin Natal yang berjumlah 7 buah lilin, secara berurutan menyalakan lilin dipimpin oleh Ketua Umum Kawal Indonesia Ps. Sarlin Mataheru, Pembimas Kristen DIY Ibu Sri Gunarti Sabda Ningrum, dan perwakilan tokoh-tokoh agama yang ada (minus perwakilan dari Konghucu). Selama lilin menyala, ada doa safaat yang dinaikan Ibu Catharina Abbema dari Belanda dan Ibu Els de La Croix dari Belanda-Indo, kemudian diaminkan secara antusias oleh semua peserta perayaan Kawal Indonesia.

Secara keseluruhan acara berjalan dengan lancar aman dan sukses dengan beberapa pengisi acara dari STT Katharos Jakarta, Yayasan Anak Indonesia Tunas Rajawali, dan anggota Kawal Indonesia dari berbagai perwakilan daerah-daerah. Ibadah dan perayaan Natal KAWAL hari itu ditutup dengan doa berkat dan ramah tamah bersama, tidak lupa foto-foto dan makan malam bersama.

(Harun Sumadi)



Leave a Reply