Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Kepergian Ps. Roberto Malgesini Duka bagi Kemanusiaan




eBahana.com – Bagi masyarakat di wilayah Paroki Beato Scalabrini, Como, Italia, sosok Ps. Roberto Malgesini sangat populer. Selain aktif melayani umat, ia juga banyak terlibat dalam kegiatan sosial. Salah satunya membagikan makanan pada para tunawisma. Kegiatan itu sudah dilakukannya selama bertahun-tahun.

Pada 2019 yang lalu, karena perhatiannya itu, dia pernah didenda oleh polisi setempat karena memberi makan bagi ‘orang-orang kecil’ yang tinggal di bawah serambi bekas gereja. Biasanya setiap pagi hingga siang ia mengunjungi para tunawisma dan imigran. Sedangkan malam harinya berkeliling membagikan pakaian dan selimut.

Namun pada 15 September 2020 terjadi sebuah tragedi. Ps. Malgesini ditemukan tewas dengan sejumlah luka tusukan. Setelah melakukan penyelidikan, polisi menetapkan seorang tunawisma bernama Ridha Mahmoud sebagai pelakunya. Ridha diketahui adalah imigran asal Tunisia yang menderita gangguan jiwa. La Stampa, sebuah surat kabar harian di Turin, Italia, melaporkan kematian Malgesini telah menimbulkan kesedihan bagi komunitas migran.

Uskup Oscar Cantoni dari Como memberi kesaksian. “Dia benar-benar seorang ayah bagi orang miskin,” kata Uskup. Dia menyamakan hubungannya dengan Pastor Malgesini seperti halnya seorang ayah dan anak laki-laki. “Kami sering bertemu,” kata Uskup. “Dia sering bercerita tentang kegiatannya, menceritakan hal-hal terindah karena dia melaksanakan pelayanannya dengan gembira. Dia memiliki panggilan dalam sebuah panggilan,” tambah sang Uskup.

Paus Fransiskus yang mendengar kabar ini langsung menyatakan dukacita mendalam. Dalam Audiensi Umum mingguannya pada Rabu, 16 September 2020, di Lapangan San Damasso, Paus Fransiskus menyinggung soal kepergian Ps. Malgesini.

“Saya ikut merasakan kesedihan dan mendoakan para anggota keluarganya dan komunitas Como dan, seperti yang dikatakan uskupnya, saya bersyukur kepada Allah atas kesaksiannya sebagai martir amal kasih terhadap kaum papa,” ujar Paus Fransiskus.

Ps. Roberto Malgesini lahir di Morbegno, Provinsi Sondrio, Italia pada tahun 1969. Ia ditahbiskan menjadi pastur pada tahun 1998 dan mulai melayani di Como sejak 2008. Requiescat in Pace. (ryu)



Leave a Reply