Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Hoaks Tumbuh Subur, Wartawan Nasrani Harus Redam




Yogyakarta, eBahana.com – Kalangan masyarakat saat ini dinilai terbagi dua kelompok dalam hal penerimaan arus informasi. Ada kalangan yang menerima informasi dengan sangat deras, tapi di sisi lain juga tidak sedikit kalangan di masyarakat yang aksesnya terbatas menerima informasi. Ironisnya, kedua kelompok tersebut dinilai menjadi tempat subur berita bohong atau hoaks berkembang, sekalipun akses yang dimiliki untuk menjangkau informasi terbatas.

Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heru Purwadi saat membuka Rapat Kerja Daerah I Pengurus Persatuan Wartawan Nasrani (Pewarna) Daerah Istimewa Yogyakarta pada Jumat (17/9) kemarin di Ruang Bima, Balai Kota Yogyakarta. Turut hadir dalam pembukaan rakerda Ketua Dewan Penasihat Pewarna DIY Albert Yusuf Langke beserta anggota dewan penasihat Jacky Latuperissa dan Daniel Damaledo (Radio Sasando Yogyakarta), serta Philipus Setiyanto.

Heru mengatakan wartawan Nasrani sangat diperlukan eksistensinya di semua kelompok masyarakat untuk meredam hoaks yang hari-hari ini masih tumbuh subur. “Wartawan Nasrani harus hadir di tengah kelompok masyarakat agar semua informasi yang diserap dapat dipahami dengan benar,” kata Heru.

Menurut Heru, apabila kekurangan informasi karena akses yang terbatas, maka masyarakat akan mudah terhasut. Sebaliknya, ketika arus informasi sangat deras bahkan berlebihan, maka tak heran bila masyarakat menjadi bingung. “Masyarakat jadi bertanya-tanya, mana (informasi) yang benar mana yang hoaks,” tambah Heru yang sebelumnya pernah berprofesi sebagai jurnalis selama 15 tahun.

Secara khusus, Heru juga menyoroti aktivitas masyarakat di sosial media. Menurutnya, semua pribadi saat ini bisa bicara macam-macam. Masalahnya, kadangkala informasi yang disampaikan atau diterima hanya berawal dari obrolan saat kongkow yang belum tentu benar.

“Awalnya mungkin hanya sekadar analisis masing-masing agar mengobrol saat kongkow menjadi lebih segar. Tapi, berubah menjadi hoaks ketika disampaikan melalui media sosial,” tutup Heru.



Leave a Reply