Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

HKBP Sidorame Rayakan Pesta Gotilon & Ulang Tahun ke-69




Medan, eBahana.com Sebagai tanda sukacita atas berkat dan penyertaan Tuhan kepada Gereja dan JemaatNya di HKBP Sidorame Resort Medan Timur, gereja merayakan Pesta Gotilon sekaligus Ulang Tahun Ke-69 GerejaNya HKBP Sidorame Resort Medan Timur, pada Minggu (7/11) kemarin. Ibadah Pesta Gotilon dan Ulang Tahun HKBP Sidorame Resort Medan Timur yang dilayani Praeses HKBP Distrik X Medan Aceh, Pdt. Henri Napitupulu, MTh berjalan penuh sukacita dan berkat Tuhan.

Menurut Kamus Batak Toba Indonesia, gotilon berarti musim menuai atau masa panen. Gotilon diadopsi dari tradisi Yahudi tentang Pesta Hari Raya Pondok Daun atau Pesta hari pengumpulan hasil panen (bnd. Keluaran 23 : 16 – 17; Imamat 23 : 33 – 36; Ulangan 16 : 13 – 15 ). Pesta ini dimaknai sebagai ungkapan syukur atas berkat dan kasih karunia Tuhan yang senantiasa memelihara kehidupan umat-Nya. Pada acara gotilon, salah satu unsur yang penting untuk dilaksanakan adalah dengan membawa Persembahan (Silua) berupa hasil panen pertama (buah sulung) dari hasil pekerjaan yang dilakukan. Persembahan itu dibawa ke dalam pelataran Bait Allah sebagai pertanda kehadiran Allah di dunia. Persembahan yang dikumpulkan akan dipergunakan bagi suku Lewi sebagai suku yang dikhususkan untuk melayani Tuhan, dan juga dipergunakan untuk pelayanan kepada orang-orang marjinal (miskin) seperti : budak, para janda/duda serta yatim piatu.

Pesta Gotilon yang diadakan HKBP Sidorame mengambil esensi Firman Tuhan dalam Mazmur 146 : 1-10 untuk mengajak para jemaat agar selalu memuliakan Tuhan. Sebab hanya karena Tuhan, jemaat boleh hidup dalam kasih dan pemeliharaanNya.

Praeses Pdt. Henri Naptupulu mengawali sambutannya menyampaikan pujian kepada Tuhan Yesus Kristus Sang Raja Gereja Yang Memelihara kehidupan manusia, terlebih Jemaat GerejaNya HKBP Sidorame Ressort Medan Timur. Di tengah pandemi yang masih membuat manusia menjadi terbatas melakukan segala kegiatan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di tengah tengah Gereja. Namun hal itu tidak menjadi sebuah penghalang untuk selalu mengucap syukur kepada Tuhan, terlebih dalam Minggu ke – XXIII Setelah Trinitatis ini Gerejanya HKBP Sidorame Ressort Medan Timur boleh beribadah dan memuliakan Tuhan melalui Pesta Gotilon. Sebagai bentuk mengucap syukur kepada Tuhan atas penyertaan dan berkat yang selalu diberikan kepada JemaatNya, terlebih kepada GerejaNya HKBP Sidorame boleh selalu diberkati oleh Tuhan hingga pada ulang tahun yang ke-69 Tahun saat ini.

Mengakhiri sambutannya Pdt. Henri Napitupulu berharap, kiranya Jemaat GerejaNya boleh tetap setia memuji dan memuliakan Tuhan, sebab hanya karena kasihNya lah kita dimampukan melakukan segalanya. Seluruh jemaat dengan penuh sukacita memberi persembahannya melalui hasil tanam tanaman/panen (buah-buahan, beras dll) yang diberikan masing-masing sektor/kategorial kepada Gereja dan kembali dilelangkan sebagai bentuk persembahan jemaat kepada GerejaNya. Semua rangkaian acara boleh berjalan dengan penuh sukacita serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat, terlebih atas pemeliharaan Yesus Kristus.

(Pdt. Henri Napitupulu/ P. Samosir)



Leave a Reply