Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Gereja Ortodoks Rusia Serukan Disudahinya Invasi ke Ukraina




Pendeta Ukraina Iov Olchansky (33), berbicara dengan pengungsi Ukraina di salah satu biara, di kota Lviv, Ukraina barat pada 5 Maret 2022. (AFP)

Rusia, eBahana.com Lebih dari 280 imam dan diakon Gereja Ortodoks Rusia menyerukan rekonsiliasi. dan segera diakhirinya invasi Rusia ke Ukraina, sambil menekankan bahwa “Penghakiman Terakhir menunggu semua.” “Kami berduka atas cobaan berat yang dialami saudara dan saudari kami di Ukraina,” tulis para imam Ortodoks Rusia dalam sebuah surat terbuka, yang diluncurkan Selasa (1/3) kemarin, dan telah mengumpulkan tanda tangan dari 284 imam, imam agung, dan daikon, pada Minggu (6/3) pagi.

Setidaknya 351 warga sipil telah tewas dan 707 lainnya terluka di Ukraina sejak invasi militer Rusia dimulai pada 24 Februari, Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia mengatakan Sabtu, menambahkan bahwa jumlah sebenarnya kemungkinan akan “jauh lebih tinggi,” Reuters melaporkan. Selain itu, lebih dari 1,25 juta orang telah meninggalkan Ukraina sejak 24 Februari, Organisasi Internasional untuk Migrasi mengatakan Sabtu, menyebutnya sebagai “krisis kemanusiaan terbesar yang pernah dialami Eropa sejak Perang Dunia II,” lapor Fox News. Lebih jauh lagi, invasi Rusia telah membuat sekitar 4,3 juta orang mengungsi di Ukraina, kata IOM.

“Penghakiman Terakhir menunggu setiap orang,” tulis Imam Ortodoks Rusia dalam surat itu. “Tidak ada otoritas duniawi, tidak ada dokter, tidak ada penjaga yang akan melindungi dari penghakiman ini. Prihatin tentang keselamatan setiap orang yang menganggap dirinya anak Gereja Ortodoks Rusia, kami tidak ingin dia muncul di pengadilan ini, menanggung beban berat kutukan ibu. Kami mengingatkan Anda bahwa Darah Kristus, yang dicurahkan oleh Juruselamat untuk kehidupan dunia, akan diterima dalam sakramen Komuni oleh orang-orang yang memberikan perintah pembunuhan, bukan ke dalam hidup, tetapi ke dalam siksaan kekal.”

Mereka menyatakan harapan bahwa tentara yang berperang “baik Rusia dan Ukraina, untuk kembali tanpa cedera ke rumah dan keluarga mereka.” “Kami sedih memikirkan jurang yang harus dijembatani oleh anak-anak dan cucu-cucu kami di Rusia dan Ukraina untuk mulai berteman lagi, untuk saling menghormati dan mencintai.”

Lebih dari 400 pendeta gereja Injili di Rusia juga telah menandatangani surat terbuka menentang “invasi kedaulatan Ukraina.” “Tentara kami sedang melakukan operasi militer skala penuh di negara lain, menjatuhkan bom dan roket ke kota-kota tetangga kami, Ukraina. Sebagai orang percaya, kami menilai apa yang terjadi sebagai dosa besar pembunuhan saudara, dosa Kain, yang mengangkat tangannya melawan saudaranya Habel,” tulis mereka.

“Tidak ada kepentingan atau tujuan politik yang dapat membenarkan kematian orang yang tidak bersalah,” lanjut para imam. “Selain pertumpahan darah, invasi Ukraina yang berdaulat melanggar kebebasan menentukan nasib sendiri warganya. Kebencian sedang ditaburkan di antara masyarakat kita, yang akan menciptakan jurang keterasingan dan permusuhan untuk generasi mendatang. Perang tidak hanya menghancurkan Ukraina, tetapi juga Rusia, rakyatnya, ekonominya, moralitasnya, masa depannya.”

Dewan Gereja Dunia juga telah menulis kepada Patriark Kirill dari Moskow, pemimpin lebih dari 100 juta orang Kristen Ortodoks Rusia, untuk “mengangkat suara Anda” dan “menengahi” sehingga invasi Presiden Vladimir Putin “dapat dihentikan dan penderitaan besar berakhir.”

Dalam suratnya, Pendeta Ioan Sauca, Pejabat Sekretaris Jenderal Dewan Gereja-Gereja Dunia, yang juga seorang imam Ortodoks, menulis: “Dalam masa keputusasaan ini, banyak orang memandang Anda sebagai orang yang dapat membawa tanda mengharapkan solusi damai. Tolong, angkat suara Anda dan berbicara atas nama saudara dan saudari yang menderita, yang sebagian besar juga adalah anggota setia Gereja Ortodoks kami.” Menurut Reuters, Patriark Kirill diyakini dekat dengan Putin. Pada 2012, sang patriark menyebut pemerintahan Putin sebagai “keajaiban Tuhan” dan mengkritik lawan-lawannya.

Ketika ketegangan memanas antara Rusia dan Ukraina sebelum invasi, seorang penyiar radio Kristen di Ukraina telah meminta orang-orang Kristen di dua negara tetangga untuk bersatu. Dalam sebuah wawancara dengan The Christian Post, Daniel Johnson, yang menjalankan organisasi penyiaran Injili, serta menyediakan radio Kristen di seluruh Rusia, pemerintah telah menahan siaran yang dioperasikan oleh umat Kristen Injili, menguraikan situasi di lapangan dan implikasinya bagi orang-orang beriman yang tinggal di Ukraina.

“Orang-orang Kristen … berharap agar Rusia tidak bertindak terlalu jauh karena gereja-gereja pasti akan ditutup di area yang mereka ambil alih karena … itulah praktik mereka dan itulah sejarah mereka,” ujar Johnson, pendiri jaringan satelit New Life Radio yang berbasis di Odessa, Ukraina.

Johnson menghubungkan beberapa divisi di wilayah itu dengan perpecahan antara Gereja Ortodoks Rusia dan Gereja Ortodoks Ukraina. “Tank-tank meluncur turun dari Rusia, para imam Ortodoks Rusia memberkati tank-tank itu,” katanya. “Para imam Ortodoks Ukraina memberkati tentara Ukraina untuk berperang melawan Rusia, jadi ini adalah adegan tragis di mana dua saudara seagama, Ortodoks Rusia dan Ukraina, telah sepenuhnya memihak pada tujuan nasional satu negara mereka.”

“Mereka tidak bertindak seolah-olah mereka adalah warga Kerajaan Surga, pertama dan terutama, tetapi mereka mewakili nasionalisme. Dan itu bukanlah diri kita sebagai orang Kristen,” keluhnya. “Kesetiaan utama kami adalah kepada Kristus dan Kerajaan-Nya daripada kebangsaan dari tanah tempat kami berada. Dan itu bukan sesuatu yang tidak dapat diakomodasi oleh Gereja Ortodoks. … Ini adalah tragedi bahwa itu tidak terjadi.”

(christianpost.com)



Leave a Reply