Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Gabungan Agen Ziarah Rohani Kristen Memperkenalkan IPTAA




eBahana.com – Sejak mulai diperkenalkan pada tahun 1990, minat masyarakat Indonesia untuk melakukan ziarah rohani terus mengalami peningkatan. Hal ini mendorong banyak agen perjalanan wisata mengadakan program perjalanan ziarah ke berbagai lokasi situs keagamaan. Guna meningkatkan kwalitas pelayanan kepada masyarakat, maka pada 3 Mei 2018 terbentuklah asosiasi penyelenggara wisata ziarah rohani Kristen yang bernama NAICIPTA (National Assiciation of Indonesia ChristianPilgrimage Travel Agencies). Nama ini kemudian berubah menjadi IPTAA (Indonesia Pilgrimage Travel Agencies Association) pada 2 November 2018. Slogan yang diusung adalah “Together Stronger – Untuk Ziarah yang Nyaman dan Bertanggung jawab”.

Tepat pada 1 Maret 2019 yang lalu, IPTAA secara resmi diperkenalkan kepada publik. Acara perkenalan dilakukan di Hotel Luminor, Pecenongan, Jakarta Pusat. Selain para pengurus harian IPTTA, hadir pula dalam kesempatan itu Dirjen Bimas Kristen RI Prof Dr Thomas Pentury serta rohaniawan Pdt. Dr. Julianus Monjau. Dalam arahannya, Prof Dr Thomas Pentury mengaku sangat mengapresiasi terbentuknya IPTAA. Namun ia juga mengingatkan agar nantinya IPTAA dapat merumuskan regulasi yang menjadi standar pelayanan setiap agen perjalanan wisata ziarah rohani Kristen. Terutama demi menghindari persaingan yang tidak sehat antar sesama penyelenggara serta meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan selama di lapangan. Selanjutnya Pdt. Dr. Julianus Monjau juga mengingatkan agar para agen perjalanan wisata ziarah rohani Kristen tidak hanya fous pada kunjunganke situs-situs mancanegara. Pasalnya di Indonesia juga banyak situs-situs rohani serta event-event rohani yang sangat layak dijual. Bahkan ada situas rohani yang jadwal kunjungan wisatanya sudah penuh hingga satu tahun ke depan.

Adapun pengurus harian IPTAA periode tahun 2018-2021 terdiri dari Jonki Ananta Koeswara dan Lim Mulyadi (Penasihat), Maurizio Arifin Koeswara (ketua umum), Agnes Surya (Sekjen), Maria Goretti dan Clarisa (Bendahara), Tintin Irawati  dan Lie Kie Sin (Media & Humas), Fransiscus Asmi Arijanto (Kode etik), Michael A. Tombokan dan aldo Rinaldi Koeswara (Organisasi), Hermawan Sulistyo dan Michael Rizal Koeswara (Sponsor & Dana), serta Ignatius Galih Ariputra (Legal advisor). IPTAA juga berpartner dengan beberapa biro perjalanan di luar negeri seperti Eternity Travel, GNM, Red Apple Travel, Via Maris Tours & Travel, hingga toko souvenir seperti The Three  Arches 2 atau Caprice Diamond & Jewelry.

Pada penghujung acara, Maurizio Arifin Koeswara menjelaskan bahwa IPTAA memiliki visi menjadi wadah bagi para penyelenggara wisata ziarah rohani Kristen yang profesional, bertanggung jawab, bermoral, melayani konsumen dengan sungguh-sungguh sesuai nilai-nilai kristiani, serta dapat memajukan setiap anggotanya. Ia juga menambahkan, IPTAA tidak hanya berbicara soal bisnis. Kepedulian sosial juga menjadi program kerjanya. Salah satunya dilakukan pada 8 November 2018 lalu melalui penyaluran bantuan bagi anak-anak sekolah di dua Sekolah Dasar Negeri yang terkena dampak gempa di Palu dan Donggala. (ryu)



Leave a Reply