Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Rakerda Pewarna: Beritakan Kebenaran & Kawal Keistimewaan Yogyakarta




Harun Sumadi (kiri) mendampingi Ketua PP Pewarna Yusuf Mujiono menerima dukungan dari Pendiri KAWAL (Karena Anda adalah Wanitanya Allah) Sarlin Mataheru. (foto: martha)

Yogyakarta, eBahana.com – Setelah dilantik pada 31 Juli 2021, Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia (Pewarna) Pengurus Daerah DIY langsung tancap gas konsolidasi internal dengan menggelar Rakerda bertempat di Balai Kota Yogyakarta pada Jumat (17/9) kemarin. Rakerda I Pewarna PD DIY tersebut mengambil tema “Bersatu Merangkai Kebenaran, Berlaksa Berbuat Kebaikan dan sub tema” Mengawali Keistimewaan Yokyakarta dengan Mewartakan Kebenaran Sejarah”. Meski digelar onsite, acara dimulai dengan ibadah yang dipimpin WL Martha Kaesarina dan diiringi pemusik Alfin Sasmita ini berjalan khidmat serta sukacita, dengan tetap menerapkan prokes secara ketat.

Firman Tuhan dilayani oleh Ketua Sinode Gereja Kristen Nazarene Indonesia Pdt. Em. Dr.Stefanus Hartoyo. Dalam pesan renungannya, Hartoyo menekankan nilai – nilai kebenaran agar dapat mengangkat derajat bangsa sesuai pada ayat Amsal 14: 34. Oleh karena itu, tugas para jurnalis yang tergabung dalam Pewarna sangat berat. Mereka dituntut memberitakan kebenaran yang punya nilai demi mengangkat derajat bangsa Indonesia.

“Pada era teknologi terkini, banyak yang berseliweran berita hoaks begitu masif. Sebagai wartawan nasrani harus dapat bergerak mencari informasi dan data akurat dalam membuat berita berdasarkan check and recheck dengan fakta, terutama tetap berpegang teguh kepada Sang Kepala Pewarta Agung, Tuhan Yesus Kristus,” kata Hartoyo.

Di sela – sela acara pembukaan tersebut, Harun Sumadi selaku Ketua Pewarna PD DIY menjelaskan lugas kepada awak media, “Keistimewaan Yogyakarta dalam sejarah perjalanan Yogyakarta yang sedemikian panjang dan cukup berliku – liku penuh dengan berbagai kepentingan pragmatisme dapat memunculkan pembelokan fakta yang terkesan hoaks sehingga rentan menodai  perjalanan sejarah Kota Yokyakarta itu sendiri. Dengan pemahaman tersebut maka Pewarna PD DIY berkomitmen untuk tetap menjaga serta mengawal keistimewaan Yogyakarta dengan mewartakan berita – berita yang benar tentang sejarah Yogyakarta,” tutup Harun.

(Romo Kefas)



Leave a Reply