Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Fitur Add Yours Instagram Peluang Kejahatan




Tak dipungkiri bahwa fitur yang tersedia di media sosial seperti Instagram membuat pemakainya merasakan kesenangan tersendiri, apalagi jika fitur tersebut sedang menjadi tren seperti fitur Add Yours.

Fitur ini dapat digunakan untuk berinteraksi dengan teman lain yang memiliki minat yang sama. Fitur ini juga memungkinkan para pengguna untuk saling berbagi dan mengekspresikan opini dan kreativitas mereka terhadap sebuah topik secara terbuka, seru, dan kasual melalui Instagram Story. Sayangnya, fitur yang harusnya bisa menambah keseruan saat bermain Instagram ini disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Hari ini, di media sosial Twitter digemparkan dengan postingan netizen dengan akun @ditamoechtar yang mengungkapkan kalau hal itu terjadi kepada temannya setelah mengikuti challenge yang meminta menyebutkan “Nama Panggilan Kamu”

Masih pada postingan yang sama, netizen lain dengan akun @tacendamrdy juga membagikan kolase challenge berbahaya yang pernah ada dilakukan pengguna Instagram. Challenge itu antara lain: Nama gadis ibu kandung kamu, Tempat Tanggal Lahir kamu, Selfie dengan KTP, Alamat rumah kamu.

Apa kata pakar siber?

Pakar keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya mengatakan bahwa fitur Add Yours bukan menjadi akar masalah dalam modus kejahatan. Kecerobohan penggunalah yang menjadi penyebab dari maraknya kejahatan rekayasa sosial itu.

Memang dari sisi ancaman pengguna tak banyak yang menyadari bahwa individu telah membagikan informasi yang bersifat rahasia, lewat kuis atau fitur tambahan seperti contohnya Add Yours.

Alfons menyarankan pengguna media sosial lebih sensitif dan menghindari untuk membagikan data kependudukan yang sifatnya pribadi. Hal itu lantaran dapat berpotensi melancarkan aksi kejahatan lewat rekayasa sosial. (abg/dbs)

 



Leave a Reply